Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:32:53ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-08-11T04:24:01Z2015-08-11T04:24:01Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11592This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/115922015-08-11T04:24:01ZPENGARUH JOYFUL LEARNING MELALUI PROBLEM BASED LEARNING
TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA MATERI POKOK
PERUBAHAN LINGKUNGAN
(Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1
GadingrejoTahun Pelajaran 2014/2015)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Joyful Learning melalui PBL
dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi pokok perubahan
lingkungan di SMA Negeri 1 Gadingrejo. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa
adalah kelas X MIA 3 dan X MIA 5 SMA Negeri 1 Gadingrejo yang ditentukan
dengan teknik purposive sampling. Data penelitian berupa data kuantitatif dan
kualitatif. Data kuantitatif berupa keterampilan proses sains siswa yang diperoleh dari
nilai rata-rata pretest, posttest dan N-gain yang dianalisis secara statistik
menggunakan uji-t dan uji-u pada taraf kepercayaan 5%. Data kualitatif dalam
penelitian ini berupa keterampilan proses sains dan tanggapan siswa terhadap
penggunaan Joyful Learning melalui PBL pada materi pokok perubahan lingkungan
yang dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan Joyful Learning melalui PBL
berpengaruh signifikan terhadap peningkatan keterampilan proses sains (KPS) siswa
yang dibuktikan dengan ̅ pretes eksperimen = 49,99 ± 5,94; ̅ postes eksperimen =
81,13 ± 10,94 ; ̅ N-gain = 62,06 ± 18,89. Masing-masing indikator KPS mengalami
peningkatan, namun tidak semua indikator meningkat dengan berbeda secara
signifikan. Indikator KPS yang meningkat secara signifikan yaitu pada (1)
mengkomunikasikan dengan rata-rata N-gain 48,43 ± 45,79 , (2) merumuskan
masalah dengan rata-rata N-gain 68,72 ± 36,11, (3) menghipotesis dengan rata-rata
N-gain 62,5 ± 0,23, (4) mengamati dengan rata-rata N-gain 70,31 ± 45,54 dan (5)
menyimpulkan dengan rata-rata N-gain 50,77 ± 26,81, sedangkan (6) memprediksi
dengan rata-rata N-gain 64,81 ± 25,86 mengalami peningkatan tidak berbeda
signifikan. Berdasarkan observasi dalam semua aspek yang diamati sebagian besar
siswa memberikan tanggapan positif terhadap Joyful Learning melalui PBL. Oleh
karena itu, pembelajaran menggunakan Joyful Learning melalui PBL berpengaruh
signifikan dalam meningkatkan Keterampilan Proses Sains siswa pada materi pokok
perubahan lingkungan.
Kata kunci : Joyful Learning, Problem Based Learning, Keterampilan Proses Sains,
Perubahan Lingkungan1113024060 Robbin Yama Shitarobbin.yamashita@gmail.com