Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:00:56ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-02-23T01:41:47Z2016-02-23T01:41:47Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21146This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/211462016-02-23T01:41:47ZRESEPSI SISWA TERHADAP CERPEN MATA YANG ENAK
DIPANDANG KARYA AHMAD TOHARI DAN IMPLIKASINYA
PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMAMasalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah resepsi siswa terhadap cerpen
Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari dan implikasinya pada
pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan
resepsi siswa terhadap cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber
data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS IV SMA Negeri 7
Bandarlampung. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang berupa katakata
atau kalimat-kalimat yang isinya tanggapan siswa terhadap fakta-fakta cerita
yaitu, tokoh, alur, latar, dalam cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad
Tohari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa meresepsi fakta-fakta cerita dalam
cerpen. Siswa meresepsi tokoh berdasarkan tiga aspek yang melekat, yaitu aspek
fisik, psikologis, dan sosiologis. Tokoh Mirta secara fisik dideskripsikan oleh
siswa sebagai tokoh yang buta. Secara psikologis Mirta dideskripsikan sebagai
seorang yang sangat kesal dan emosional terhadap Tarsa karena sering
dimanfaatkan. Secara sosiologis keberadaan tokoh Mirta tidak diinginkan
keberadaanya di tengah masyarakat. Tokoh Tarsa secara fisik dideskripsikan oleh
siswa sebagai manusia yang memiliki tubuh sempurna tanpa ada kecacatan.
Psikologis dari Tarsa digambarkan oleh siswa sebagai orang yang licik yang
hanya memanfaatkan orang lain saja. Secara sosiologis kehadiran tokoh Tarsa
dianggap tidak memiliki dampak yang positif dalam kehidupan masyrakat. Pada
resepsi terhadap alur, secara keseluruhan siswa menyatakan bahwa alurnya sangat
bagus dan sangat cocok sehingga mampu membuat pembaca tertarik dan
penasaran untuk membacanya. Selanjutnya pada resepsi terhadap latar, siswa
meresepsi latar tempat, waktu, dan sosial. Secara keseluruhan ketiga unsur latar
Roni Mustofa
tersebut ditanggapi baik oleh siswa. Siswa tidak mengalami kesulitan dalam
menganalisis latar tempat dan waktu dalam cerpen, pada latar sosial hanya
sebagian kecil siswa yang dapat memahami.
Hasil penelitian ini selanjutnya diimplikasikan dalam pembelajaran sastra di
Sekolah Menengah Atas dengan Kurikulum 2013. Resepsi siswa terhadap cerpen
tersebut juga dapat dijadikan bahan ajar dan referensi yang membantu guru mata
pelajaran Bahasa Indonesia dalam Apresiasi Prosa.
Kata kunci : cerpen, resepsi, siswa.0913041059 Roni Mustofaronimustofa4@gmail.com