Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:11:55ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-04-12T02:55:54Z2017-04-12T02:55:54Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26220This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/262202017-04-12T02:55:54ZPENGARUH DIMENSI KEPERCAYAAN MEREK TERHADAP LOYALITAS
MEREK KONSUMEN SHAMPOO CLEAR
(Studi Pada Konsumen Shampoo Clear di Bandar Lampung)Shampoo merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang digunakan untuk
melakukan perawatan pada rambut. Industri-industri shampoo di Indonesia saat
ini semakin berkembang pesat, dengan hadirnya berbagai macam produk shampoo
dengan merek-merek yang beragam. Salah satu merek shampoo yang berkembang
di Indonesia yaitu shampoo Clear, meskipun shampoo Clear termasuk salah satu
merek yang diakui di Indonesia namun berdasarkan data top brand index tahun
2016 shampoo Clear belum menjadi pilihan pertama konsumen dalam melakukan
perawatan rambut hal ini mengindikasikan bahwa konsumen shampoo Clear
belum sepenuhnya percaya terhadap merek shampoo Clear sehingga penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan merek yang terdiri dari brand
reliability dan brand intentions terhadap loyalitas merek konsumen shampoo
Clear di Bandar Lampung. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna shampoo
Clear yang ada di Bandar Lampung sebanyak 100 orang yang ditentukan melalui
metode probability sampling, dengan teknik purposive sampling. Desain
penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif verifikatif, penelitian ini
menggunakan analisis regresi linier berganda. Pengujian hipotesis dilakukan
dengan secara parsial (uji-t) dan secara simultan (uji-f). Hasil penelitian ini adalah
variabel brand reliability dan brand intentions berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas merek/brand loyalty. Variabel bebas yang mempunyai pengaruh terbesar
yaitu brand reliability (X1) dengan nilai β = 0.599 dengan sgnifikansi 0.000,
selanjutnya variabel brand intentions (X2) dengan nilai β = 0.255 dengan
signifikansi 0.038 dan masing-masing variabel X memberikan kontribusi dalam
mempengaruhi Variabel Y sebesar 69.4% dan sisanya sebesar 30.6% dipengaruhi
oleh variabel lain.
Kata kunci: Kepercayaan Merek, Loyalitas Merek/Brand Loyalty, Brand
Reliability, Brand Intentions, Shampoo Clear.
ABSTRACT
Shampoo is the one of the society necessity whichis used to do maintenance on
the hair. Shampoo industries in Indonesia nowis growing rapidly, by the existence
of several products shampoo with brands diverse. On shampoo brands that
develops in Indonesia which is Clear shampoo, although Clear shampoo including
one brand recognized in the country but based on Top Brand Index 2016 Clear
shampoo had not been the first choice to consumers in doing hair care this
indicates that consumers Clear shampoo not fully believe in Clear shampoo. So
that this research aims to identify the influence of brand trust consisting of brand
reliability and brand intentions on brand loyalty of consumer Clear shampoo in
Bandar Lampung. Sample on this research is Clear shampoo users who are in
Bandar Lampung as many as 100 people who determined through a method of
probability sampling, with purposive techniques of sampling. Design study used is
research descriptive verifikatif, this research using analysis linear regression
multiple. The testing of hypotheses done with a partial t (uji-t) and simultaneous
(uji-f). The result is variable of brand reliability and brand intentions significant to
brand loyalty. Independent variable that have the greatest influence of brand
reliability (X1) with a value of β = 0.599 with significant of 0.000, and brand
intentions (X2) with a value of β = 0.255 with significant of 0.038 and each of the
variables X contribute in influencing variable Y for 69.4% and the remaining
30.6% is influenced by other variables.
Key Words: Brand Trust, Brand Loyalty, Brand Reliability, Brand Intentions,
Clear Shampoo1311011144 Rosalia Yulimyulimrossalia@gmail.com