Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T01:39:54ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-04-12T07:13:21Z2018-04-12T07:13:21Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/30938This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/309382018-04-12T07:13:21ZANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI
PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING PADA BANK
SYARIAH DI INDONESIA
(Studi Empiris pada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2011-2016)Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh profitabilitas, likuiditas,
umur perusahaan, dewan pengawas syariah, dan ukuran perusahaan terhadap
pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Populasi yang digunakan pada
penelitian ini adalah bank syariah di Indonesia selama tahun 2011-2016.
Penelitian ini berdasarkan data sekunder yang dipilih menggunakan metode
purposive sampling. Terdapat 10 sampel yang memenuhi kriteria, sehingga
dengan periode enam tahun terdapat 60 sampel yang dianalisis. Metode analisis
yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis
regresi linier berganda. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa profitabilitas,
likuiditas, umur perusahaan, dan dewan pengawas syariah, tidak berpengaruh
terhadap pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR). Sedangkan variabel
ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan
Islamic Social Repoting (ISR).
Kata kunci: Islamic Social Reporting, profitabilitas, likuiditas, umur perusahaan,
dewan pengawas syariah, dan ukuran perusahaan.
abstract
This research aimed to analyze the influence of profitability, liquidity, company age, sharia
supervisory board, and company size on the disclosure of Islamic Social Reporting (ISR). The
populations used in this research is sharia bank in Indonesia during the years 2011-2016. The
research is based on secondary data chosen by purposive sampling. There are 10 samples that meet
the criteria, so as long as 6 years observation there were 60 annual reports were analyzed. The
analysis method used to tested hypothesis in this research is multiple linear regression. The results of
this research indicate that profitability, likuidity, company age, and sharia supervisory board doesn`t
have signifficant effect on the Islamic Social Reporting (ISR) disclosure. While the variable of
company size have significant positive effect on the Islamic Social Reporting (ISR) disclosure.
Keywords : Islamic social reporting, profitability, likuidity, company age, sharia supervisory board,
and company size1211031086 SAKINAH HANI WAFIQOH sakinahwafiqoh@gmail.com