Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:37:22ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-10-28T03:21:11Z2015-10-28T03:21:11Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/14098This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/140982015-10-28T03:21:11ZPERBANDINGAN PEMANFAATAN FLY ASH BATUBARA YANG DIAKTIFASI SECARA FISIK DAN NaOH-FISIK DENGAN VARIASI NORMALITAS TERHADAP PRESTASI MESIN MOTOR DIESEL 4-LANGKAHABSTRAK
Pada proses pembakaran, oksigen adalah gas yang paling diperlukan untuk
melangsungkan proses pembakaran. Semakin tinggi kadar oksigen dalam udara,
maka proses pembakaran akan semakin optimal. Fly ash merupakan senyawa
alumina silikat yang secara fisik dan kimia mempunyai kemampuan sebagai
penyerap (adsorben).
Dalam penelitian ini kemampuan fly ash sebagai adsorben dimanfaatkan untuk
menyaring udara pada saat proses pembakaran agar meningkatkan prestasi motor
diesel 4-langkah, fly ash diberikan dua proses aktivasi yaitu aktivasi fisik dan
kimia-fisik menggunakan NaOH dengan normalitas 0,25N; 0,50N; dan 0,75N dan
aktivasi fisik dengan temperatur 150
o
C selama 1 jam serta variasi massa 25 gram,
50 gram dan 75 gram, yang bertujuan membersihkan permukaan pori dan
membuang senyawa pengotor pada fly ash. Sehingga udara yang telah tersaring fly
ash lebih kaya oksigen dan membuat proses pembakaran motor diesel 4-langkah
menjadi lebih baik, yang mengakibatkan meningkatnya prestasi mesin.
Dari hasil pengujian dan analisa didapatkan bahwa dengan menggunakan fly ash
yang diaktivasi fisik dan NaOH-fisik dapat meningkatkan prestasi mesin.
Hasilnya menunjukkan bahwa peningkatan daya engkol rata-rata terbaik terjadi
pada penggunaan fly ash pelet yang diaktivasi fisik dan NaOH-fisik dengan
variasi normalitas yaitu terjadi pada penggunaan fly ash pelet aktivasi NaOH-fisik
normalitas 0,50N dengan massa 75 gram yaitu sebesar 2,2446 %, diikuti oleh
pelet aktivasi NaOH-fisik normalitas 0,25N dengan massa 75 gram yaitu sebesar
1,8991 %. Dan penurunan konsumsi bahan bakar spesifik terbaik yaitu terjadi
pada penggunaan fly ash pelet aktivasi fisik dengan massa 50 gram yaitu sebesar
4,4404 %, namun secara rata-rata penurunan konsumsi bahan bakar spesifik
terbaik yaitu terjadi pada penggunaan fly ash pellet aktivasi NaOH-fisik
normalitas 0,75N yaitu sebesar 3,7425 %, diikuti oleh pelet aktivasi NaOH-fisik
normalitas 0,50N yaitu sebesar 3,5893 %, sedangkan aktivasi fisik yaitu sebesar
2,9275 %.
Kata kunci: fly ash aktivasi fisik, NaOH-fisik, adsorben, prestasi motor diesel.
ABSTRACT
Oxygen is the most important gas needed in the combustion process. Higher level
of oxygen in the air, the combustion process would be more optimal. Fly ash is an
alumina silicate compound which was physically and chemically has ability as an
absorbent.
In this study, the ability of fly ash as an adsorbent was used to filter the air during
the combustion process in order to increase performance of a 4-stroke diesel
engine. Fly ash was given two activation processes those were physical and
chemical-physical activation using NaOH with 0,25N; 0,50N; and 0,75N
normality and physical activation at temperature of 150
o
C for 1 hour and mass
variation of 25 grams, 50 grams and 75 grams. The activation was aimed to clean
the surface of the pores and through compound impurities in fly ash. As the air
had been filtered, the fly ash would be rich in oxygen and made the combustion
process of a 4-stroke diesel engine better than before, resulting in increase
performance of engine.
From the test results and analysis had been known that using chemical-physical
and physical activation fly ash can increase the performance of diesel engine. The
results show that the highest increase of brake power in average occurred in using
fly ash pellet of NaOH-physical activation with normality 0,50N and 75 grams of
mass that is 2.2446%, followed with NaOH-physical 0,25N and mass of 75 grams
that is 1,8991 %. The best reduction of specific fuel consumption on application
of fly ash pellet were physical activation with 50 grams of mass giving an increase
of 4.4404%. How are then the best reduction of specific fuel consumption in
average occurred in using fly ash pellet of NaOH-physical activation with
normality 0,75N giving an increase of 3,7425 %, and as big as 3,5893 % for
NaOH-physical activation with normality 0,50N, while for physical activation,
it was of 2,9275 %.
Keywords: NaOH-physical activation, fly ash adsorbent, diesel engine, brake
power.0915021012 SETIA WASISsetiawasis@gmail.com