Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:19:55ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-11-30T02:30:38Z2017-11-30T02:30:38Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29132This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/291322017-11-30T02:30:38ZPENINGKATAN PERCAYA DIRI DALAM BELAJAR DENGAN
MENGGUNAKAN KONSELING RASIONAL EMOTIVE BEHAVIOR
THERAPY (REBT)
(Studi Kasus Siswa Kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran
2017/2018)Masalah dalam penelitian ini adalah percaya diri siswa dalam belajar. Tujuan
penelitian untuk mengetahui peningkatan percaya diri dalam belajar
menggunakan konseling rational emotive behavior therapy pada siswa kelas
X SMA Negeri 15 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Metode
penelitian bersifat deskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus.
Subjek penelitian sebanyak 3 siswa yang memiliki percaya diri dalam belajar
rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan skala percaya diri dalam
belajar dan wawancara konseling. Analisis data dengan teknik reduksi data,
penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian konseling menunjukkan
bahwa peningkatan percaya diri dalam belajar menggunakan konseling
rational emotive behavior therapy (rebt) dapat digunakan pada siswa. Hal ini
dapat dibuktikan dengan adanya perubahan ketiga subjek setelah pelaksanaan
konseling dilakukan, seperti siswa lebih percaya diri lagi untuk
mengungkapkan pendapatnya dalam proses pembelajaran, yakin pada
kemampuan yang dimiliki, tidak lagi merasa takut gagal dalam menjawab
soal yang diberikan guru. Simpulan penelitian ini adalah konseling rational
emotive behavior therapy (rebt) dapat digunakan untuk meningkatkan
percaya diri dalam belajar pada siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar
Lampung tahun ajaran 2017/2018.
Kata kunci : bimbingan dan konseling, REBT, percaya diri dalam belajar. 1313052054 SISKA WIYASA OKTORAsiskawiyasa08@gmail.com