Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:37:25ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-06-29T07:14:35Z2018-06-29T07:14:35Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31879This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/318792018-06-29T07:14:35ZPENGEMBANGAN LKPD BERBASIS MODEL PBL KELAS IV SEKOLAH
DASAR PADA TEMA 3 SUB TEMA 1 HEWAN DAN TUMBUHAN
DI LINGKUNGAN RUMAHKUPenelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk LKPD model
PBL yang layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan
hasil belajar. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan
menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall. Populasi penelitian adalah
siswa kelas IV SDN 2 Harapan Jaya sebanyak 152 siswa. Sampel dipilih dengan
teknik sampel acak sederhanasebanyak 76 siswa dengan menggunakan kelas IV B
sebagai kelas kontrol dan kelas IV A sebagai kelas eksperimen. Instrumen
penelitian yang digunakan untuk mengetahui kelayakan adalah lembar penilaian
LKPD oleh ahli materi dan ahli media yang dianalisis dengan rumus uji
kelayakan.Angket respon praktisi dan angket respon siswa dianalisis sesuai
dengan kriteria interpretasi respon praktisi dan respon siswa. Instrumen tes
digunakan untuk mengukur keefektifan hasil belajardianalisis dengan rumus gain.
Penelitian ini menghasilkan produk LKPD yang layak digunakan dalam
pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Problem Based Learning, dan
Efektivitas
abstract
This research and development aims to produce worksheet PBL model that is
feasible to be used in learning and effective in improving learning outcomes. This
research method is research and development by using Borg and Gall
development procedure. The population of the study is the fourth grade students
of SDN 2 Harapan Jaya as many as 152 students. The sample was selected by
simple random sample technique of 76 students using class 4th B as control class
and class 4th A as experiment class. The research instrument used to determine the
feasibility is the worksheet assessment sheet by material experts and media
experts analyzed by the feasibility test formula. Questionnaire responses of
practitioners and student response questionnaires were analyzed in accordance
with criteria of interpretation of practitioner response and student response. The
test instrument used to measure the effectiveness of learning outcomes was
analyzed by the gain formula. This study produces worksheet products that are
feasible to use in learning and are effective for improving learning outcomes.
Keywords: Worksheet, Problem Based Learning, and effectiveness1423053057 SUMIYATIss7260590@gmail.com