Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:03:46ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-06-12T03:40:57Z2015-06-12T03:40:57Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10230This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/102302015-06-12T03:40:57ZPENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN
MODEL DISCOVERY LEARNING BAGI SISWA
KELAS IV SD NEGERI 2 WAY LUNIK
BANDAR LAMPUNG TP. 2014/2015ABSTRAK
PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MENGGUNAKAN
MODEL DISCOVERY LEARNING BAGI SISWA
KELAS IV SD NEGERI 2 WAY LUNIK
BANDAR LAMPUNG TP. 2014/2015
Oleh :
SUTIRAH
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran
Matematika pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Way Lunik Bandar Lampung pada
semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus,
setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan, dan
refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik non tes
dan tes. Teknik non tes digunakan untuk menilai aktivitas siswa dan kinerja guru
menggunakan lembar observasi sedangkan tes tertulis digunakan untuk
mengetahui nilai yang diperoleh siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah dilakukan perbaikan pembelajaran
aktivitas siswa 60,19% pada siklus I menjadi 79,63% pada siklus II, peningkatan
sebesar 19,44%, pada akhir siklus hasil belajar siswa mengalami kenaikan di atas
KKM yang telah ditetapkan.
Kata Kunci: Belajar matematika, Model Discovery Learning, Aktivitas Belajar1113069104 SUTIRAH