Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:48:47ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-09-09T07:01:10Z2016-09-09T07:01:11Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23796This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/237962016-09-09T07:01:10ZHUBUNGAN PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN
KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP SAINS PADA ANAK
USIA DINI KELOMPOK B DI TK TUNAS HARAPAN
TEMPURAN LAMPUNG TENGAH
TAHUN AJARAN 2015/2016Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya perkembangan kemampuan
mengenal konsep sains pada anak usia dini kelompok B di TK Tunas Harapan
Tempuran Lampung Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
antara penerapan metode eksperimen dengan kemampuan mengenal konsep sains
pada anak usia dini kelompok B. Metode yang digunakan adalah metode
Korelasional. Populasinya adalah semua siswa kelompok B TK Tunas Harapan
Tempuran Lampung Tengah. Variabel bebas yaitu penerapan metode eksperimen
(x) sedangkan variabel terikat yaitu kemampuan mengenal konsep sains
(y).Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan observasi dan dokumentasi.
Teknik analisis data yang digunakan analisis uji sperman rank. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara penerapan
metode eksperimen dengan kemampuan mengenal konsep sains. Hal ini
dibuktikan dari hasil perhitungan korelasi spearman rank sebesar 0,702.
Kata Kunci: anak usia dini, metode eksperimen, kemampuan mengenal konsep
sains
ABSTRACT
The problem in this research was lack of ability to recognize the science concept
of early childhood in group B at Tunas Harapan Tempuran kindergarten Lampung
Tengah.. The objective of this research was to find out the relation of application
experimental method with the ability to recognize the science concept of early
childhood group B. The method that used is correlational’s method. The
population is all of students group B at Tunas Harapan Tempuran Lampung
Tengah. The independent variabel is application experimental method (x), while
the dependent variable is the ability to recognize the science concept (y). The
techniques of data collection using observation and documentation. The analyzed
of data collection using Spearman Rank test analysis. The result showed that there
is a relationship of experimental method application with with the ability to
recognize the science concept. This evidenced from the calculation of the
Spearman Rank correlation as much as 0,702.
Keyword : experimental method, the ability to recognize the science concept. 1213054083 SYAFURA AUDINAsyafuraaudina11@gmail.com