Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T21:05:51ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-02-03T07:22:44Z2016-02-03T07:22:44Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20851This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/208512016-02-03T07:22:44ZPENGEMBANGAN SINTAKS MODEL PEMBELAJARAN FISIKA
BERBASIS INKUIRI PADA KONSEP KINEMATIKA GERAK
LURUS DALAM MELATIH KEMAMPUAN ILMIAH SISWAHasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa pandangan siswa terhadap mata
pelajaran fisika sangat beragam. Sebagai sebuah mata pelajaran bahwa fisika itu
banyak hitungan, banyak rumus dan rumusnya panjang, angka pada soal-soalnya
sering mengandung bilangan desimal, simbolnya susah diingat, pengerjaan soalsoalnya
rumit, dan pembelajarannya membosankan. Mereka mengharapkan agar
pembelajaran fisika menjadi menyenangkan, meningkatkan kreatifitas dan kinerja
dalam kelas. Dengan demikian diperoleh model pembelajaran yang dapat
mengakomodasi keterlaksanaan sintaks tersebut dan dapat melatih kemampuan
ilmiah siswa. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi prosedur pengembangan
produk dan uji produk menurut Asyhar sebagai acuan. Mengacu pada model
pengembangan tersebut yang meliputi: penelitian pendahuluan, pengembangan
produk, validasi ahli yang dilakukan oleh pakar dan guru fisika, uji coba lapangan
yang terdiri dari uji satu lawan satu (one on one) dan kelompok, diseminasi dan
implementasi dan produk akhir. Hasil uji ahli menunjukkan instrumen sintaks
model pembelajaran berbasis inkuiri pada konsep kinematika gerak lurus dalam
melatih kemampuan ilmiah siswa yang dikembangkan telah layak dalam
penyajian dan bahasa yang digunakan sangat sesuai dengan perkembangan siswa.
Hasil uji lapangan menunjukkan sintaks model pembelajaran fisika berbasis
inkuiri efektif digunakan. Tahap pengujian satu lawan satu (one on one) dilakukan
terhadap dua orang guru sebagai pengguna sintaks model pembelajaran fisika
berbasis inkuiri. Dengan rerata skor kemenarikan 3,57 yang menunjukkan bahwa
sintaks model pembelajaran berbasis inkuiri sangat menarik digunakan, rerata
skor kemudahan sebesar 3,55 menunjukkan bahwa sintaks tersebut sangat mudah
digunakan, dan skor rerata kemanfaatan sebesar 3,33 menunjukkan bahwa sintaks
tersebut juga sangat bermanfaat untuk digunakan. Tahap pengujian kelompok
dilakukan terhadap 30 orang siswa kelas VII SMP Negeri I Punggur tahun
2012/2013. Melalui uji kelompok, 52,7% siswa terbukti terlatih kemampuan
ilmiahnya.
Kata kunci: penelitian dan pengembangan, sintaks model pembelajaran fisika,
kemampuan ilmiah.0853022046 Sahistya Mayang Prawestrisahistyamayang@gmail.com