Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:22:13ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-05-05T03:41:44Z2015-05-05T03:41:44Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9685This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/96852015-05-05T03:41:44ZEFEKTIVITAS PROGRAM PEMBELAJARAN KELOMPOK BERMAIN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN
SOSIAL ANAK
(Studi pada PAUD Raudhatul Jinan Bandar Lampung)ABSTRAK
EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBELAJARAN KELOMPOK BERMAIN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PERKEMBANGAN
SOSIAL ANAK
(Studi pada PAUD Raudhatul Jinan Bandar Lampung)
Oleh
SARI WARDANI
Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam melaksanakan kegiatan pendidikan bagi anak usia dini dihadapkan pada keterbatasan manajemen organisasi dan keterbatasan tenaga pendidik yang sesuai dengan kualifikasi/ kompetensi. Keterbatasan ini berdampak pada program pembelajaran PAUD masih belum mengacu pada tahap-tahap perkembangan anak dan penyelenggaraan PAUD belum mengimplementasikan pengelolaan administrasi dengan baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas program pembelajaran kelompok bermain untuk upaya meningkatkan perkembangan sosial anak pada PAUD Raudhatul Jinan Bandar Lampung. Tipe penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Data selanjutnya dianalisis secara kualitatif, dengan tahapan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program pembelajaran kelompok bermain yang diselenggarakan dengan pembelajaran di dalam ruangan (indoor) dan luar ruangan (outdoor) dapat meningkatkan perkembangan sosial anak pada PAUD Raudhatul Jinan Bandar Lampung. Hal ini didasarkan pada pelaksanaan pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkatan usia anak didik PAUD yang memiliki karakteristik senang bermain. Di dalam metode bermain tersebut disampaikan nilai-nilai pendidikan kepada anak sehingga mereka mengalami perkembangan secara sosial, dalam bentuk interaksi dan sosialisasi kepada sesame peserta didik PAUD. Guru PAUD dalam hal ini memiliki kompetensi professional karena mendapatkan pendidikan guru sebelum menjadi pendidik.0716011068 Sari Wardanisari.wardani88@yahoo.com