Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:27:18ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-06-02T03:51:57Z2014-06-02T03:51:57Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1882This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/18822014-06-02T03:51:57ZPERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN GERAK TARI BEDANA
SISWA KELAS VIIA DI SMP XAVERIUS METROPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peranan guru dalam pembelajaran
gerak tari bedana siswa kelas VIIA di SMP Xaverius Metro. Hal yang
diungkapkan dalam penelitian ini adalah peranan guru serta hasil belajar siswa
dalam pembelajaran tari bedana siswa kelas VIIA SMP Xaverius Metro.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.
Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran seni tari dan siswa
kelas VIIA yang berjumlah 36 siswa yang terdiri dari 18 siswa perempuan dan 18
siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi,
wawancara, dokumentasi, dan tes praktik. Instrumen penelitian menggunakan
panduan observasi, panduan wawancara, dan panduan penilaian tes praktik.
Hasil penelitian dari peranan guru dalam pembelajaran tari bedana siswa kelas
VIIA SMP Xaverius Metro menunjukkan bahwa guru mendapat nilai 72 yang
tergolong dalam kriteria cukup, di mana guru dapat menjalankan 12 dari 13
peranan guru yang harus dijalankan dalam pembelajaran gerak tari bedana, yaitu
sebagai korektor, informator, organisator, motivator, demonstrator, pengelola
kelas, inisiator, fasilitator, pembimbing, mediator, supervisor, evaluator, dan
peranan yang belum dijalankannya yaitu sebagai inspirator. Hasil penilaian tes
pratik siswa mendapat nilai rata-rata 68 untuk teknik gerak dan tergolong dalam
kriteria cukup, 71,1 untuk hafalan gerak dan tergolong dalam kriteria cukup, 66
untuk iringan musik dan tergolong dalam kriteria cukup, 53,3 untuk ekspresi
wajah dan tergolong dalam kriteria kurang.
This research aimed to describe the role of the teacher in teaching bedana dance at
VIIA grade of SMP Xaverius Metro. In this research the researcher explain about
the role of teacher and students learning outcomes in learning bedana dance at
VIIA grade of SMP Xaverius Metro.
This research used descriptive qualitative method approach. The subject of this
research is the teacher dance class and 36 students at VIIA grade of SMP
Xaverius Metro consisting of 18 female students and 18 male students. In order to
get data, the researcher used observation, interviews, documentation, and practice
test. The research instrument of the research used manual observation, interview
guides practice test guides.
From the result of research, the role of the teacher in teaching bedana dance at
VIIA grade of SMP Xaverius Metro show that the teacher got 72 score in the
criteria considered sufficient, in wich teachers can implement 12 of the 13 roles
that teacher should be learning in bedana dance, that are corectory, informatory,
organizer, motivatory, demonstratory, manager of the class, inisiatory,
fasilitatory, leader, mediator, surpervisor, evaluator, and the teacher can not
implement one role that is inspiratory. The result of students assessment practice
test scored on average of 68 for motion technique in sufficient criteria, 71,1 scored
for rote motion and classified in sufficient criteria, 66 score for music instrument
is sufficient criteria calssified, 53,3 score for facial exspressions is less criteria
calssified.Elisabeth Hesti Ariyanti Simon Danu Kisworo