Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:50:09ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-10-06T08:43:31Z2015-10-06T08:43:31Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/13148This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/131482015-10-06T08:43:31ZPENINGKATAN KEDISIPLINAN DI SEKOLAH DENGAN MENGGUNAKAN
LAYANAN KONSELING KELOMPOK PADA SISWA KELAS XI
SMA NEGERI 3 KOTABUMI LAMPUNG UTARA
TAHUN PELAJARAN 2014-2015Masalah penelitian ini adalah kedisiplinan siswa di sekolah. Permasalahan
penelitian adalah “Apakah terjadi peningkatan kedisiplinan di sekolah dengan
menggunakan layanan konseling kelompok?. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui peningkatkan kedisiplinan siswa dengan menggunakan layanan
konseling kelompok pada kelas XI SMA Negeri 3 Kotabumi.
Metode penelitian adalah metode quasi experimental dengan one-group pretestposttest
design. Subjek penelitian sebanyak 10 orang siswa dengan teknik
pengumpulan data menggunakan observasi checklist kedisiplinan di sekolah.
Hasil penelitian menunjukkan disiplin siswa di sekolah mengalami peningkatan
yang signifikan setelah pemberian layanan konseling kelompok. Hal ini
ditunjukkan dari hasil pretest dan posttest diperoleh zhitung = -2,869 dan ztabel
0,05 = 1,645. Karena Z hitung < Z tabel maka, Ho ditolak dan Ha diterima,
artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada disiplin siswa, sebelum diberi
perlakuan dan setelah diberi perlakuan dengan menggunakan layanan konseling
kelompok kepada subyek penelitian.
Kesimpulan dalam penelitian ini disiplin siswa di sekolah mengalami peningkatan
secara signifikan setelah mengikuti layanan konseling kelompok pada siswa kelas
XI SMA Negeri 3 Kotabumi Kabupaten Lampung Utara Tahun Ajaran
2014/2015.
Saran yang dapat diberikan (1) Kepada siswa yang memiliki disiplin yang rendah,
hendaknya mengikuti layanan konseling kelompok. (2) Kepada guru bimbingan
dan konseling hendaknya dapat membantu dan membimbing siswa dalam
meningkatkan disiplin siswa yang rendah dengan melakukan layanan konseling
kelompok. (3) Kepada para peneliti lain hendaknya dapat menggunakan
pendekatan yang berbeda dan dapat dilihat dari beberapa faktor yaitu kedisiplinan
siswa di sekolah, ketepatan siswa masuk kelas dan hubungan siswa dengan guru
bidang studi.
Kata kunci : bimbingan dan konseling, kedisiplinan di sekolah, layanan
konseling kelompok.1013052027 TAMARA BOYtboye@ymail.com