Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T14:25:59ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-07-15T02:34:15Z2017-07-15T02:34:15Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27243This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/272432017-07-15T02:34:15ZPENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN
CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING KELAS IV
SEKOLAH DASAR PADA TEMA 6 SUB TEMA 1
KEANEKARAGAMAN HEWAN
DAN TUMBUHANABSTRAK
Penelitian dan pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk bahan ajar
berbasis CTL yang layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif dalam
meningkatkan hasil belajar. Metode penelitian ini adalah penelitian dan
pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall.
Populasi penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Harapan Jaya sebanyak 156
siswa. Sampel dipilih dengan teknik sampel acak sederhana sebanyak 76 siswa
dengan menggunakan kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVB sebagai
kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui
kelayakan adalah lembar penilaian bahan ajar oleh ahli materi, ahli media,
praktisi, dan angket respon siswa kemudian dianalisis dengan rumus uji
kelayakan. Instrumen tes digunakan untuk mengukur keefektifan hasil belajar
dianalisis dengan rumus gain. Penelitian ini menghasilkan produk bahan ajar yang
layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif untuk meningkatkan hasil
belajar.
Kata Kunci: bahan ajar, CTL, dan efektivitas
ABSTRACT
This research and development aims to produce teaching material CTL based
which proper used on learning process and also efective on the increasing of
learning achievement. The method of this research is research and development
using Borg and Gall research prosedure. There are 156 students at the 4th grade in
SDN 2 Harapan Jaya as research population. Sample of population are 76
students, choosen by using simple random sampling technique with grade 4th A as
a control class and grade 4th B as experiment class. The instuments that are used to
know the proper of teaching material on this research are assessment sheet of
teaching material which is done by some experts in teaching material, teaching
media, teaching learning process, and quesionaire students responses then
analyzed by the feasibility test formula. Tests sheets instrument are used to
measure the effectiveness of learning outcomes is analyzed by the gain formula.
This research resulted a proper teaching material and efectively used in increasing
students learning achievement.
Key words: teaching material, CTL, and effectiveness1423053032 TESIS DINA RIAWAN SUTOPO dinariawansutopo@gmail.com