Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:27:41ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-10-28T08:00:38Z2016-10-28T08:00:38Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/24400This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/244002016-10-28T08:00:38ZIDENTIFIKASI ATRIBUT KEPUASAN DAN PELAYANAN
PADA RUMAH MAKAN OLAHAN BEBEK DI KOTA BANDAR LAMPUNGPesatnya pertumbuhan rumah makan membuat persaingan ketat. Untuk bertahan
hidup didalamnya, sebuah rumah makan harus memenuhi kepuasan konsumen.
Kepuasan konsumen terdiri dari berbagai atribut. Tujuan utama dari penelitian ini
adalah untuk mengidentifikasi atribut kepuasan dan pelayanan. Responden dari
penelitian ini diambil dengan metode accidental sampling. Data tersebut
dikumpulkan dari dua rumah makan olahan bebek dengan mewawancarai 120
responden melalui kuesioner. Nilai pada kuesioner dari atribut kepuasan dan
pelayanan yang pertama dianalisis dengan validitas dan reliabilitas. Atribut yang
diidentifikasi dalam penelitian ini adalah atribut rasa, harga, porsi, kesesuaian
produk, keragaman menu, inovasi, nutrisi, keadilan pelayanan, keprioritasn
konsumen, keramahan, kesopanan, kebersihan, kecepatan melayani, kemampuan
berkomunikasi, ketanggapan memberikan daftar menu, kemampuan menjelaskan
menu, kepedulian, kesediaan menjawab pertanyaan, kemampuan menjawab
pertanyaan, ketanggapan pada kebutuhan, ketanggapan pada ketidaksesuaian,
kemudahan pembayaran, kerapihan menghidangkan, kesadaran meminta maaf,
ketanggapan pada saran, lokasi, tempat parkir, tempat duduk, toilet, kelengkapan
alat makan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada 28 atribut kepuasan dan
pelayanan yang diidentifikasi yang diperoleh dengan mewawancarai 60
responden. Atribut kepuasan dan pelayanan yang telah diidentifikasi dapat
diterapkan pada 60 responden lain dalam menentukan atribut yang perlu
ditingkatkan oleh rumah makan untuk memenuhi kepuasan konsumen.
Kata kunci: kepuasan dan pelayanan, konsumen, reliabilitas, validitas
abstract
The rapid growth of the restaurant makes the competition tougher. To survive in it, a
restaurant must satisfy its consumers. Consumers’ satisfaction consists of its
attributes. The main objective of this study is to identify the attributes of consumers’
satisfaction and services at the restaurant. Respondents of this research are drawn by
accidental sampling method. The data is collected at two processed duck food
restaurants by interviewing 120 respondents using quesioners. The quesioners are
included the scores of satisfaction and service attributes that are first analyzed its
validity and reliability. The attributes identified in this study are taste, price, portion
suitability product, diversity of menu, innovation, nutrition, fairness of service,
consumer priority, hospitality, politeness, cleanliness of restaurant, service speed,
communication skill, responsiveness of giving menu, the ability of explaining menu,
care, willingness for answering questions, the ability of answering questions,
responsiveness of consumer’s need, responsiveness of nonconformity, ease of
payment, neatness of serving, awareness of apologizing, responsiveness of
suggestion, location, parking area, seating, toilet and completeness of cutlery. The
results showed that there were 28 identified attributes of consumers’ satisfaction and
services achieved by interviewing 60 respondents. The restaurants service attributes
and customers’ satisfaction that had been identified can be applied on 60 other
respondents to determine which attributes need to be enhanced by the restaurant in
order to meet customers’ satisfaction.
Keywords: consumers, reliability, satisfaction and service, validity1114131112 THERESIA LILIK TRIANI theresialiliktriani93@gmail.com