Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:24:36ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-02-12T03:10:44Z2016-02-12T03:10:44Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21014This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/210142016-02-12T03:10:44ZFAKTOR PENYEBAB ANAK PUTUS SEKOLAH
(Studi Kasus di Dusun IV Kelurahan Tanjung Ratu Ilir Kecamatan Way
Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah)Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor intelegensi terhadap
anak putus sekolah, pengaruh faktor ekonomi terhadap anak putus sekolah,
pengaruh faktor intelegensi dan faktor ekonomi terhadap anak putus sekolah. Tipe
penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan
data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada responden.
Responden dalam penelitian ini berjumlah 43 orang yang mengalami putus
sekolah antara tahun 2011 hingga tahun 2015. Teknik analisis data menggunakan
uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji
determinasi dan pengujian hipotesis. Berdasarkan penelitian yang dilakukan maka
diperoleh hasil bahwa faktor intelegensi berpengaruh lebih kuat daripada faktor
ekonomi yaitu dengan nilai t-hitung sebesar 4,060 sedangkan nilai t-hitung faktor
ekonomi sebesar 2,067, namun keduanya sama-sama berpengaruh terhadap anak
putus sekolah. Intelegensi anak masih tergolong rendah, hal ini terlihat dari
indikator yang ada yaitu pada kepintaran, kecerdasan, kemampuan, dan kerajinan.
Anak mengaku tidak pernah mendapatkan juara kelas, sering membolos,
mencontek, serta sulit untuk memahami materi yang telah diberikan. Faktor
ekonomi berpengaruh terhadap terjadinya anak putus sekolah, karena keadaan
orang tua yang berprofesi sebagai buruh tani dan ibu rumah tangga menyebabkan
pendapatan keluarga tergolong rendah, sehingga pemenuhan kebutuhan sekolah
tidak terpenuhi.
Kata kunci : Intelegensi, Ekonomi, Putus sekolah
ABSTRAK BAHASA INGGRIS
This research aims for knowing about effect of intelligence factor to dropped out
student, effect of economic factor to dropped out student, effect of intelligence
factor and economic factor to dropped out student. Type of this research used
quantitative descriptive research by collected primary data from 43 dropped out
students in 2011 until 2015. Data analysis technique used validity and reliability
test, classic assumption test, multiple linear regression, determination test and
hypothesis testing. Based this research, the result is intelligence factor take strong
effect than economic factor, namely the t-value calculate at 4,060 while the tacount
value of economic factors is 2,067, but both of them take effect for
dropped out student. Student’s intelligence still relative low, it’s seen from some
indicators, like cleverness, intelligence, ability, and dilligent. Student said they
never got champion in the class, they often skip the class, cheating, and so
difficult to understand lesson. Economic factor take effect in dropped out student,
because condition of parent as farm worker and as house wife had the low income
so they can’t fulfillment school needs.
Keyword: intelligence, economic, dropped out1216011096 THERESIA SUPARMItheresia1212there@gmail.com