Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T05:17:50ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-04-21T07:07:09Z2017-04-21T07:07:09Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/26341This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/263412017-04-21T07:07:09ZTINDAK ILOKUSI GURU DI LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR NING’S
COURSE BANDAR LAMPUNG DAN IMPLIKASINYA TERHADAP
PEMBELAJARAN MATA KULIAH KETERAMPILAN BERBICARA DI
PERGURUAN TINGGIPermasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan tindak ilokusi guru di Lembaga
Bimbingan Belajar Ning’s Course Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan tindak ilokusi guru di Lembaga Bimbingan Belajar Ning’s Course Bandar
Lampung dan implikasinya terhadap Mata Kuliah Keterampilan Berbicara di perguruan
tinggi.
Metode yang digunakan dalam rangka mencapai tujuan penelitian, yaitu metode deskriptif
kualitatif. Penelitian ini meneliti tindak ilokusi guru di Lembaga Bimbingan Belajar Ning’s
Course Bandar Lampung dan implikasinya terhadap Mata Kuliah Keterampilan Berbicara di
perguruan tinggi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
teknik observasi, teknik rekam (audio-visual), dan catatan lapangan. Data yang terkumpul
dianalisis dengan menggunakan analisis heuristik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak ilokusi yang mendominasi pada tuturan guru di
Lembaga Bimbingan Belajar Ning’s Course Bandar Lampung adalah tindak ilokusi direktif
yang terdiri atas tuturan memesan, memerintah, meminta, dan menasihati. Sementara itu,
tindak ilokusi yang paling sedikit digunakan, yaitu tindak ilokusi komisif. Hasil penelitian
berimplikasi pada pembelajaran mata kuliah keterampilan berbicara di perguruan tinggi
dengan kompetensi dasar dan indikator yang terdapat dalam GBPP poin ke sebelas dari
empat belas kompetensi dasar yang ada, yaitu tentang pragmatik.
Kata Kunci : tindak tutur,ilokusi, keterampilan berbicara
abstract
The problems of this research related to the teachers’ illocutionary acts at Ning’s
Course Bandar Lampung. This research aims to describe the teachers’
illocutionary acts at Ning’s Course Bandar Lampung and its implication towards
speaking subject in university.
The method used in this research was qualitative descriptive method. This study
focussed on the teachers’ illocutionary acts at Ning’s Course Bandar Lampung
and its implication towards speaking subject in university. Data collecting
technique used in this research were observation, record (audio-visual), and field
notes. The data were analyzed by using heuristic analysis.
The results showed directives became the most dominant types of illocutionary
act used by the teachers at Nings’ Course Bandar Lampung that consisted of
asking, ordering, requesting, and advising. While, the least dominant types of
illocutionary act were commissives. The results provided implication toward
speaking subject learning in university , namely on the eleventh of fourteenth
poin of GBPP basic competence and indicator, that was pragmatic.
Keywords: speech acts, illocutionary, speaking skill1423041031 TRI KURYANTItrikuryanti@gmail.com