Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:36:00ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-08-24T04:47:17Z2016-08-24T04:47:17Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23608This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/236082016-08-24T04:47:17ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIALOG MENDALAM UNTUK
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMP
NEGERI 1 TEGINENENGTAHUN PELAJARAN 2015/2016ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perencanaan, pelakasaan, dan
peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan pembelajaran dialog
mendalam pada mata pelajaran PPKn materi di SMP Negeri 1 Tegineneng.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan tahapan
Planning, Acting, Observasi dan Reflecting.Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil peneltian pada Siklus I menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam
perencanaan pembelajaran 47% dengan kategori cukup baik, kemampuan guru
dalam mengelola kelas 67% dengan kategori cukup baik, dan kemampuan berpikir
kritis siswa hanya mencapai 25% dengan kategori kurang. Siklus II menunjukkan
bahwa kemampuan guru dalam perencaan pembelajaran 72% dengan kategori
baik, kemampuan guru dalam mengelola kelas 78% dengan kategori baik, dan
kemampuan berpikir kritis siswa hanya mencapai 70% dengan kategori cukup
baik.
Kata kunci : model pembelajaran dialog mendalam, kemampuan berpikir kritis
1313072006 TRI PUJI tripuji@gmail.com