Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T00:41:00ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-10-29T05:02:06Z2014-10-29T05:02:06Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4935This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/49352014-10-29T05:02:06ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD SISWA
KELAS IV SDN 1 TANJUNG KEMALA KECAMATAN
PUGUNG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN
PELAJARAN 2013/2014Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil
belajar matematika dalam konsep pecahan pada siswa kelas IV SDN 1 Tanjung
Kemala tahun pelajaran 2014/2014. Siswa yang tidak mencapai ketuntasan yaitu
sebanyak 21 (70%) dari 30 siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
matematika pada siswa kelas IV SDN 1 Tanjung Kemala menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD.
Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 3 siklus, yang tiap siklusnya terdiri atas perencaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dari lembar observasi
aktivitas siswa, kemudian data hasil belajar didapatkan dari tes yang dilakukan
pada tiap siklus. Indikator keberhasilan penelitian adalah apabila aktivitas siswa
telah mencapai rata-rata 70% dan ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai
70% yang telah mencapai KKM.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan
model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada
pokok bahasan pecahan. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata
54.4 dan pada siklus II mencapai 69.3 kemudian pada siklus III mencapai nilai
rata-rata sebesar 72. Selain nilai rata-rata siswa yang meningkat, ketuntasan
belajar siswa juga meningkat, pada siklus I terdapat sebanyak 13 siswa yang
mengalami ketuntasan, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 23 siswa,
selanjutnya pada siklus III seluruh siswa sebanyak 30 siswa telah tuntas.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Tanjung Kemala tahun pelajaran
2014/2014
Kata kunci: Kooperatif STAD, aktivitas belajar, hasil belajar1113127026 TUGIYEM