Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:15:24ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-05-28T06:23:17Z2014-05-28T06:23:17Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1700This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17002014-05-28T06:23:17ZUPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR
MENGGUNAKAN KARTU HURUF DAN ANGKA PADA
PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS I SDN 4
AMBARAWA PRINGSEWU TAHUN PELAJARAN
2012/2013Pembelajaran tema keluarga di kelas I SDN 4 Ambarawa, terdapat permasalahan
aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Guru juga kurang memanfaatkan media
kartu huruf dan angka. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara
kolaboratif dengan pendekatan kualitatif. Prosedur penelitian tindakan kelas
(PTK) terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus menggunakan langkahlangkah:
(1) perencanaan; (2) pelaksanaan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Subjek
penelitian adalah guru peneliti, dan siswa kelas I sebanyak 15 orang yang terdiri
dari 9 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Teknik pengumpulan data
menggunakan tes dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu huruf dan angka
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar. Nilai rata-rata persentase
aktivitas belajar siswa siklus I 65,00%, meningkat menjadi 78,89% di siklus II.
Nilai rata-rata persentase kinerja guru dalam pembelajaran pada siklus I 71%
(baik), meningkat pada siklus II menjadi 78% (sangat baik). Rata-rata hasil
belajar siklus I sebesar 73,08, meningkat menjadi 79,69 di siklus II. Ketuntasan
belajar siklus I mencapai 66,67% (belum tuntas), naik pada siklus II menjadi
93,33% (tuntas).
Kata kunci: Aktivitas belajar, hasil belajar, kartu huruf dan angkaERNANI Talip