Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:16:41ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-02-02T07:49:44Z2015-02-02T08:02:35Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6675This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/66752015-02-02T07:49:44ZPERBANDINGAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS
SISWA ANTARA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN THINK TALK WRITE
(Studi Pada Siswa Kelas VII SMP Mitra Bakti Bandar Sribhawono
Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015)Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan mengungkapkan ide
matematika dalam bentuk lain yang setara. Kemampuan ini dapat dikembangkan
melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS atau tipe TTW. Pembelajaran
kooperatif tipe TPS memiliki tahapan berpikir, berpasangan, dan berbagi,
sedangkan pembelajaran kooperatif tipe TTW memiliki tahapan berpikir,
berbicara, dan menulis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan
kemampuan representasi matematis siswa antara model pembelajaran kooperatif
tipe TPS dan tipe TTW. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII
SMP Mitra Bakti Bandar Sribhawono Semester Ganjil Tahun Pelajaran
2014/2015 yang terdiri dari empat kelas, sampel penelitian adalah kelas VIII A
dan VIII B yang diambil melalui teknik purposive random sampling. Data
penelitian diperoleh melalui tes kemampuan representasi matematis siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kemampuan representasi
matematis pada pembelajaran dengan model kooperatif tipe TTW lebih tinggi
daripada tipe TPS.1013021015 Tri Hendartitrihendarti33@gmail.com