Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T18:54:16ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-08-22T04:16:48Z2015-09-15T05:02:28Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/11837This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/118372015-08-22T04:16:48ZKUALITAS PELAYANAN PUBLIK
Studi Pada Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Rawat Inap Sumber Sari Bantul Kecamatan Metro Selatan Kota Metro)Pelayanan tenaga kesehatan terutama perawat adalah pelayanan medik yang
paling intensif interaksinya terhadap pasien, sehingga sering menstandarkan
pelayanan puskesmas dengan pelayanan tenaga medisnya. Keadaan di lapangan
menunjukkan bahwa pelayanan di Puskesmas Rawat Inap Sumbersari Bantul
masih banyak kelemahan, antara lain dokter yang tidak menempati rumah dinas
sehingga tidak selalu stand by, sering habisnya obat-obatan, sarana prasarana yang
kurang memadai, misalnya tidak ada tempat parkir, tidak ada pagar halaman
untuk keamanan yang semua itu untuk kepentingan masyarakat pengguna.
Deskriminasi pelayanan sering kali muncul karena persepsi mengenai hak dan
kewajiban antara penyedia dan pengguna layanan belum mencapai titik temu.
Misalnya hak bagi setiap pengguna layanan untuk mendapatkan perlakuan yang
wajar dan ramah dari penyedia layanan. Sebaliknya, justru pengguna layanan
yang harus bersikap ramah terhadap penyedia layanan agar urusannya menjadi
cepat dan lancar. Penelitian ini akan berusaha mengetahui keluhan yang
disampaikan pasien atau masyarakat pengguna Puskesmas Rawat Inap terkait
dengan masalah pelayanan oleh tenaga keperawatan, sarana dan fasilitas yang ada
di Puskesmas Rawat Inap tersebut.
Rumusan masalah ini adalah bagaimana kualitas pelayanan kesehatan di
Puskesmas Rawat Inap Sumbersari Bantul Kecamatan Metro Selatan Kota Metro?
Penelitian ini bertujuan untuk membuat rumusan gambaran tentang keaadaan riil
kualitas pelayanan kesehatan di Puskesmas Rawat Inap Sumbersari Bantul
Kecamatan Metro Selatan Kota Metro secara cermat. Dengan metode kualitatif,
data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder.
Teknik pengumpulan data dilakukan melaui wawancara, observasi dan dokumen.
Data yang terkumpul kemudian dianalisis untuk mengetahui kualitas pelayanan
kesehatan yang diberikan terhadap masyarakat pengguna atau pasien. Penilaian
pasien melalui fokus penelitian yang meliputi : 1) Bukti Fisik (tangibles), 2)
Keandalan (reliability), 3) Daya Tanggap (responsiveness), 4) Jaminan
(assurance), dan 5) Empati (empaty), sehingga dapat diketahui hasilnya yaitu
pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas Rawat Inap tersebut sudah baik dan
sesuai dengan keinginan pasien, meskipun masih ada beberapa keluhan yang perlu
menjadi perhatian Puskesmas Rawat Inap Sumbersari Bantul.
Kata kunci : Pelayanan publik, kualitas pelayanan, pelayanan kesehatan.1326061012 Tri Widodotriwidodo@yahoo.com