Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T10:59:32ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-05-25T08:22:28Z2016-05-25T08:22:28Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22288This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/222882016-05-25T08:22:28ZPENERAPAN TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V
SD NEGERI 1 METRO TIMURMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran PKn kelas V SD Negeri 1 Metro Timur. Tujuan penelitian adalah
untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model
cooperative learning tipe course review horay. Jenis penelitian yang digunakan
adalah penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan masing-masing
siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) observasi, dan 4) refleksi.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes dan tes. Alat pengumpulan
data menggunakan lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan
teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model cooperative learning tipe course review horay dapat meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa. Nilai rata-rata aktivitas belajar siswa siklus I adalah 66,00
dengan kategori aktif dan siklus II menjadi 74,00 dengan kategori aktif, terjadi
peningkatan sebesar 8. Persentase klasikal aktivitas belajar siswa siklus I adalah
60,00% dengan kategori cukup dan siklus II menjadi 84,00% dengan kategori sangat
aktif, terjadi peningkatan sebesar 24,00%. Nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I
adalah 67,98 dengan kategori baik dan siklus II menjadi 72,12 dengan kategori baik,
terjadi peningkatan sebesar 4,14. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa siklus I
sebesar 68,00% dengan kategori baik dan siklus II menjadi 88,00% dengan kategori
sangat baik, terjadi peningkatan sebesar 20,00%.
Kata kunci: aktivitas belajar, cooperative learning, hasil belajar, course review horay.1213053116 Ul Yuni