Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T04:57:39ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-06-25T07:04:58Z2016-06-28T06:34:21Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22887This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/228872016-06-25T07:04:58ZPENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING
UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERMAIN DRAMA
SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 WAY TUBA WAY KANAN
TAHUN PELAJARAN 2015/2016Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya keterampilan bermain drama siswa
kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Way Tuba Kabupaten Way Kanan. Tujuan
penelitian ini untuk menganaliasis dan mendeskripsikan (1) Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran dengan menggunakan model role playing pada mata pelajaran
Bahasa Indonesia kompetensi bermain drama, (2) Pelaksanaan pembelajaran
menggunakan model role playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
kompetensi bermain drama, (3) aktivitas belajar siswa dengan menggunakan
model pembelajaran role playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
kompetensi bermain drama, (4) Keterampilan bermain drama siswa kelas XI IPS 1
SMA Negeri 1 Way Tuba Way Kanan dengan menggunakan model role playing.
Metode yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas (Class Room
Action Research). Tempat penelitian adalah di SMA Negeri 1 Way Tuba Way
Kanan kelas XI IPS 1. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I
dilakukan dua kali pertemuan yaitu pada hari Selasa, 1 Maret 2016 dan Kamis, 3
Maret 2016 bermain drama dilakukan dengan kelompok, pendekatan yang
dilakukan dengan membangun kerja sama antarteman, percaya diri, bertanya, dan
penilaian autentik. Data dikumpulkan dengan teknik observasi dan unjuk kerja.
Data dianalisis dengan cara kualitatif dan kuantitatif berdasarkan prinsip PTK.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP pada kompetensi dasar keterampilan
bermain drama telah disusun dengan menggunakan model role playing.
Pelaksanaan pembelajaran keterampilan bermain drama dengan menggunakan
model role playing telah mengubah suasana pembelajaran menjadi
menyenangkan, dan terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa dalam
pembelajaran. Penilaian keterampilan dan sikap dalam pembelajaran telah
disesuaikan untuk mengetaui keterampilan bermain drama siswa. Peningkatan
keterampilan bermain drama melalui pengembangan model role playing yaitu
prasiklus 47,25%, siklus I 61,86% dilanjutkan dengan siklus II 81,87%.
Kata kunci: Model, role playing, bermain drama
ABSTRACT
The problem in this research is the lower of skill in drama playing student grade
XI IPS 1 SMA N 1 Way Tuba kabupaten Way Kanan. The purpose of this
research is to analyse and describe (1) the plan of learning process by use role
playing model in bahasa indonesia studies competence in drama playing, (2) the
learning process using role playing in studies of bahasa indonesia competence in
drama playing, (3) the activity of student learning by using role playing role
learning in studies of bahasa indonesia competence of drama playing, (4) the skill
of drama playing students grade XI IPS 1 SMA N 1 Way Tuba Way Kanan by
using role playing model.
Methode that been use is class room action research is SMA N 1 Way Tuba Way
Kanan grade XI IPS 1, this research done in two cycle. In the first cycle there are
two meeting, that is on Tuesday March 1st 2016 and Thursday 3rd March 2016
drama playing is done in group, approachment is done to build a cooperation
beetwen friends, confident, asking and authentic scoring. The data is collect by
observation technic and work show. The data was analyse with qualitative and
quantitative process base on PTK principe.
The result of research shown that RPP in base competence in drama playing skill
has been arrange by using role playing model. The learning process of drama
playing skill by using role playing model has change the condition of study
become atractive, and there is a raise in student learning activity in learning
process. The scoring of skill and attitude in learning has been suit to know the
skill of student drama playing. The raise of drama playing through role model
playing development is precycle 47,25%, 1st cycle 61,86% continue with 2nd cycle
is 81,87%.
Key word: Model, role playing, drama playing. 1423041033 WENTI ANTARIKAwentiantarika@gmail.com