Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:37:49ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-07-30T07:50:55Z2018-07-30T07:50:55Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32372This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/323722018-07-30T07:50:55ZPENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL
BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPS KELAS V SD NEGERI 2
METRO SELATANMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas V SD
Negeri 2 Metro Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
yang signifikan pada penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe
Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar IPS siswa. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian non equivalent
control group design. Populasi penelitian ini berjumlah 38 siswa. Penentuan
sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan teknik tes dan angket Analisis data menggunakan uji statistik independent
sampel t-test data thitung sebesar 2,391 sedangkan ttabel sebesar 2,021, perbandingan
tersebut menunjukan bahwa (2,391 > 2,021) berarti Ha diterima. Terdapat
pengaruh yang signifikan pada penerapan model pembelajaran cooperative
learning tipe Team Assisted Individualization terhadap hasil belajar IPS siswa.
Kata kunci: hasil belajar IPS, model kooperatif,team assisted individualization 1413053143 WINU GALIH PUSPITOwinugalih23@gmail.com