Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:22:18ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-10-26T04:25:28Z2017-10-26T04:25:28Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/28934This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/289342017-10-26T04:25:28ZPENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL
BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD NEGERI 1 GONDANGREJOMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri
1 Gondangrejo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pendekatan
Kontekstual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Negeri 1 Gondangrejo.
Metode dalam penelitian ini adalah quasi eksperimental design, dengan jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan
eksperimen non-equivalent group design. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan soal pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis dengan
menggunakan analisis data kuantitatif. Analisis data menggunakan uji homogenitas
dan hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 1
Gondangrejo. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VB sebagai kelas eksperimen
dan kelas VA sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis
menggunakan program statistik SPSS 20. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis
menggunakan program statistik SPSS 20 diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,03,
(0,03<0,05), sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dari perhitungan tersebut dapat
diperoleh bahwa pendekatan kontekstual dapat mempengaruhi hasil belajar siswa.
Kata kunci: hasil belajar, IPS, pendekatan kontekstual.1313053168 WISNU DWI SAPUTRA wisnudwisaputra@gmail.com