Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T12:14:01ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-04-30T07:37:40Z2018-04-30T07:37:40Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/31362This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/313622018-04-30T07:37:40ZEKSTERNALITAS KEBERADAAN PASAR MODERN (MINIMARKET)
TERHADAP KINERJA PEDAGANG SEMBAKO
DI PASAR TRADISIONAL
(Studi Kasus Kecamatan Seputih Surabaya, Kabupaten Lampung Tengah)Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada perbedaan
profitabilitas, omset penjualan, pertumbuhan nilai penjualan, dan pencapaian
target penjualan antara pedagang sembako yang berjarak dekat dan jauh dari
minimarket. Penelitian ini menggunakan data primer melalui penyebaran
kuesioner dan wawancara kepada empat puluh delapan responden. Dari hasil
pengujian diperoleh bahwa terdapat perbedaan tingkat profitabilitas, omset
penjualan, pertumbuhan nilai penjualan, perkembangan keuntungan, capaian
target penjualan yang signifikan antara toko sembako yang berjarak dekat dan
jauh dari minimarket.
Kata kunci: Eksternalitas, Minimarket, Toko Sembako.
abstract
The aim of this study is to analyse whether there are differences in profitability,
sales turnover, sales value growth, and the achievement of sales targets
between staple food traders which are near and far from minimarket. This study
used primary data through questionnaires and interviews to forty-eight
respondents. From the test results obtained that there are differences in the level of
profitability, sales turnover, sales value growth, profit growth, achievement of
significant sales targets between staple food stores which are near and far from
minimarket.
Keywords: Externalities, Minimarket, Staple food stores1311021104 WIWIT SURYANI wiwitsuryani14@gmail.com