Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-19T07:18:41ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-02-24T02:50:41Z2016-02-24T03:18:27Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21182This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/211822016-02-24T02:50:41ZPENINGKATAN KEMAMPUAN PENYESUAIAN DIRI
MENGGUNAKAN TEKNIK REINFORCEMENT POSITIF PADA SISWA
KELAS 1 SD NEGERI 2 BANDAN HURIP KECAMATAN PALAS
LAMPUNG SELATANMasalah penelitian ini adalah kemampuan penyesuaian diri siswa yang rendah.
Permasalahan penelitian ini “apakah terdapat peningkatan kemampuan
penyesuaian diri siswa dengan menggunakan teknik reinforcement positif?”
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan penyesuaian diri
siswa di sekolah menggunakan teknik reinforcement positif. Penelitian ini
menggunakan metode eksperimen semu dengan desain one group pretest-posttest.
Subjek penelitian sebanyak enam siswa yang memiliki kemampuan penyesuaian
diri rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman observasi. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan penyesuaian diri
siswa dengan menggunakan teknik reinforcement positif. Hal ini ditunjukkan
dengan adanya peningkatan nilai rata-rata skor observasi dari 5,8 menjadi 17, hal
ini membuktikan bahwa adanya peningkatan kemampuan penyesuaian diri siswa
setelah pemberian teknik reinforcement positif.
Kata kunci : Bimbingan Konseling, Kemampuan Penyesuaian Diri, Teknik Reinforcement Positif0813052051 WIWIT WIARTIwiwitwiarti@yahoo.co.id