Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:44:11ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-01-16T07:21:13Z2014-01-16T07:21:14Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/492This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4922014-01-16T07:21:13ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE
THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS VB
SD NEGERI 3 METRO PUSAT
TAHUN PELAJARAN
2012/2013Pembelajaran matematika di kelas VB SD Negeri 3 Metro Pusat belum
optimal menggunakan model pembelajaran dengan sistem kerja kelompok, dan
aktivitas siswa selama pembelajaran masih kurang. Selain itu persentase
ketuntasan hasil belajar siswa rendah yaitu 40,90%. Penelitian ini bertujuan untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika
melalui model cooperative learning tipe think pair share.
Metode penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan secara kolaboratif partisipasif antara peneliti dengan guru, dan
dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,
observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui teknik non tes
menggunakan lembar observasi dan teknik tes dengan menggunakan lembar soal
yang dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative
learning tipe think pair share dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
siswa. Hal ini dapat diketahui dari meningkatnya nilai aktivitas siswa setiap
siklusnya. Pada siklus I mencapai 46,44 dengan kategori cukup aktif, siklus II
mencapai 60,23 dengan kategori cukup aktif, dan siklus III mencapai 76,14
dengan kategori aktif. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I
mencapai 50%, siklus II mencapai 63,64%, dan siklus III mencapai 81,82%.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar matematika, model cooperative learning tipe
think pair shareEma Nopitasari Warjo