Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T09:23:31ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-03-19T16:53:44Z2022-03-19T16:53:44Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55177This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/551772022-03-19T16:53:44ZSTRATEGI PENGEMBANGAN OBJEK WISATA BAHARI DALAM
MENINGKATKAN PENDAPATAN DAERAH KABUPATEN
PESAWARAN
( Studi Pengembangan Objek Wisata Bahari Pulau Pahawang)
Pengembangan objek wisata bahari di Pulau Pahawang belum berkontribusi
secara maksimal terhadap pendapatan asli daerah (PAD) oleh sebab itu Dinas
Pariwisata Kabupaten berupaya untuk memaksimalkan potensi pariwisata dengan
melakukan pengembangan dan pemanfaatan sumber daya guna meningkatkan
pendapatan daerah. Tujuan penelitian ini strategi pengembangan objek wisata
bahari dalam meningkatkan pendapatan daerah khususnya di objek wisata bahari
Pulau Pahawang. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan
teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Pesawaran
mengembangkan potensi pariwisata dengan menggunakan strategi komunikasi,
strategi pemasaran, dan strategi kreatif. Bentuk strategi komunikasi adalah
dengan cara Pokdarwis memberikan informasi, masalah/kendala di sektor
pariwisata Pulau Pahawang kepada Dinas Pariwisata agar dapat membantu
mengatasi masalah tersebut. Strategi pemasaran yang dilakukan yaitu Dinas
Pariwisata mengadakan acara Muli Mekhanai Duta Wisata untuk mempromosikan
objek wisata yang ada di Kabupaten Pesawaran. Bentuk startegi kreatif objek
wisata Pulau Pahawang adalah membuat olahan makanan yang berasal dari biji
mangruf untuk dijadikan ciri khas Pulau Pahawang.
Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang telah dijabarkan, maka dapat
diambil kesimpulan dari ketiga strategi yang dilancarkan untuk pengembangan
objek wisata Pulau Pahawang memiliki tingkat keberhasilan yang cukup
signifikan, dilihat dari wisatawan yang berkunjung setiap tahunnya mengalami
peningkatan pendapatan.
Kata kunci : Strategi Komunikasi, Strategi Pemasaran, Strategi Kreatif.
The development of marine tourism objects on Pahawang Island has not yet
maximally contributed to local revenue (PAD), therefore the Regency Tourism
Office seeks to maximize tourism potential by developing and utilizing resources
to increase regional income. The purpose of this study is to increase regional
income, especially in the marine tourism object of Pahawang Island. The method
used is a qualitative approach with data collection techniques interviews,
observation, and documentation.
The results showed that the Pesawaran District Tourism Office developed tourism
potential by using communication strategies, marketing strategies, and creative
strategies. The form of communication strategy is to provide information,
problems / constraints in the tourism sector of Pahawang Island to the Department
of Tourism in order to help overcome these problems. The marketing strategy
undertaken by the Tourism Office held the Muli Mekhanai Tourism Ambassador
event to promote tourism objects in the Pesawaran Regency. The form of creative
strategy of Pahawang Island tourist attraction is to make food preparations derived
from mangruf seeds to be the hallmark of Pahawang Island.
The conclusion of the research based on the results of the research that has been
described, it can be concluded that the three strategies launched for the
development of Pahawang Island tourism objects have a significant success rate,
seen from tourists who visit each year has increased. that way Pahawang Island
can boost the region's original income.
Keywords: Communication Strategy, Marketing Strategy, Creative Strategy.
1516041056 YUAN HADI PANGESTU-