Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:17:29ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-04-11T04:52:21Z2022-04-11T04:52:21Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/57967This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/579672022-04-11T04:52:21ZPENGEMBANGAN BUKU PENUNTUN PRAKTIKUM MAKHLUK
HIDUP DAN LINGKUNGAN DENGAN MODEL ARGUMENT-
DRIVEN INQUIRY (ADI) UNTUK SISWA SMP/MTs
KELAS VII DI BANDAR LAMPUNGPenelitian ini bertujuan mendeskripsikan karakteristik buku penuntun praktikum
makhluk hidup dan lingkungan dengan model Argument-Driven Inquiry (ADI)
untuk siswa SMP kelas VII, kondisi optimum alat dan bahan, prosedur praktikum,
hasil validasi ahli dan praktisi, uji keterbacaan, dan uji keterlaksanaan.
Penelitian dan pengembangan produk ini menggunakan model 4-D Thiagarajan,
Semmel, dan Semmel (1974) yaitu define, design, develope, dan disseminate.
Akan tetapi, penelitian dilakukan sampai tahap develope. Prosedur kerja diawali
tahap define dengan melakukan analisis kebutuhan yang terdiri dari analisis ujung
depan, analisis siswa, analisis konsep, analisis tugas, dan perumusan tujuan
pembelajaran. Selanjutnya tahap design dilakukan inventarisasi dan penyusunan
isi penuntun praktikum. Sedangkan tahap develop berupa telaah oleh ahli dan
praktisi, uji coba kepada siswa dan penyusunan draft produk. Penelitian ini
menggunakan empat macam data, yaitu: (1) hasil validasi penuntun praktikum, (2)
hasil angket respon guru dan siswa, (3) optimasi penuntun praktikum, (4) hasil
observasi keterlaksanaan penuntun praktikum. Instrumen pengambilan data
iii
berupa instrumen validasi, angket keterbacaan siswa, hasil optimasi, dan lembar
observasi keterlaksanaan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik
deskriptif.
Karakteristik menggunakan model ADI khususnya LKP meliputi identitas siswa,
judul praktikum, dasar teori, tujuan, pertanyaan, alat dan bahan, langkah kerja,
argumentasi pada papan tulis (claim, data, warrant, dan backing), sesi
argumentasi dan laporan. Hasil validasi ahli memiliki persentase rata-rata 87%
dan validasi praktisi memiliki persentase 94% dengan kriteria “Baik Sekali”.
Hasil uji keterbacaan terhadap buku penuntun praktikum oleh siswa memiliki
persentase rata-rata 96% dengan kriteria “Baik Sekali”. Hasil optimasi untuk
masing-masing percobaan memperoleh skor 3 dan 4. Keterlaksanaan praktikum
pengaruh lingkungan terhadap populasi burung kuntul dan pengaruh hilangnya
salah satu komponen ekosistem terhadap jaring-jaring makanan mendapat
persentase rata-rata 92% dengan kriteria “Hampir Seluruh Kegiatan Terlaksana”,
sedangkan pola interaksi yang terbentuk pada protozoa ordo Hypermastigina yang
tinggal di usus rayap memperoleh persentase rata-rata 93% dengan kriteria
“Hampir Seluruh Kegiatan Terlaksana”.
Kata Kunci : Argument-Driven Inquiry (ADI), buku penuntun praktikum,
interaksi, lingkungan, makhluk hidup, pengembangan1313024093 YULIA ARTANTI-