Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T17:54:29ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2022-05-19T07:06:14Z2022-05-19T07:06:14Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23075This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/230752022-05-19T07:06:14ZPEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DALAM MENINGKATKAN
MODEL MENTAL DAN EFIKASI DIRI SISWA PADA MATERI
LARUTAN ELKETROLIT DAN NON-ELEKTROLITPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan model
pembelajaran SiMaYang Tipe II dalam meningkatkan model mental dan efikasi diri
siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Metode penelitian yang
digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design dengan pengambilan sampel
menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel diambil secara acak dan
terpilih kelas X4 dan X7 SMA Negeri 10 Bandar Lampung sebagai kelas eksperimen
dari sembilan kelas yang ada. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu menunjukkan
bahwa model pembelajaran SiMaYang Tipe II memiliki kepraktisan yang tinggi
dalam meningkatkan model mental dan efikasi diri siswa. Hal ini terlihat dari hasil
yang diperoleh yaitu pada keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa selama
pembelajaran ada dalam kategori “sangat tinggi”. Selanjutnya model pembelajaran
SiMaYang Tipe II ini juga memiliki keefektivan dalam meningkatkan model mental
dan efikasi diri siswa, hal ini ditunjukkan dengan hasil yang diperoleh pada hasil
kemampuan guru, dan aktivitas siswa yang tergolong dalam kategori “tinggi”.
Selanjutnya hasil tes model mental dan efikasi diri siswa. Hasil tes model mental
sebelum pembelajaran dengan model SiMaYang Tipe II kedua kelas mayoritas
berkategori “buruk sekali”, “buruk” namun setelah pembelajaran dengan model
SiMaYang Tipe II mengalami peningkatan yaitu mayoritas hasil tes model mental
berkategori “sedang”, “baik”, “baik sekali”. Hasil efikasi diri siswa juga
mengalami peningkatan, hal ini di-tunjukkan dengan rerata kedua kelas replikasi
sebelum menggunakan model SiMaYang Tipe II ada dalam kategori “tinggi” ,
namun setelah menggunakan model SiMaYang Tipe II mengalamai peningkatan
yaitu ada pada kategori “sangat tinggi”. Kesimpulan penelitian ini yaitu model
pembelajaran SiMaYang Tipe II memiliki kepraktisan dan keefektifan dalam
meningkatkan model mental dan efikasi diri siswa pada materi larutan elektrolit dan
non-elektrolit.
Kata kunci: model pembelajaran SiMaYang tipe II, model mental, efikasi diri,
larutan elektrolit dan non-elektrolit\1213023084 YULIA RIZKY WIDARIyulia.rizky@ymail.com2016-07-25T02:52:54Z2016-07-25T02:52:54Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/23078This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/230782016-07-25T02:52:54ZPEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II DALAM MENINGKATKAN
MODEL MENTAL DAN EFIKASI DIRI SISWA PADA MATERI
LARUTAN ELKETROLIT DAN NON-ELEKTROLITPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan dan keefektivan model
pembelajaran SiMaYang Tipe II dalam meningkatkan model mental dan efikasi diri
siswa pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Metode penelitian yang
digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design dengan pengambilan sampel
menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel diambil secara acak dan
terpilih kelas X4 dan X7 SMA Negeri 10 Bandar Lampung sebagai kelas eksperimen
dari sembilan kelas yang ada. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu menunjukkan
bahwa model pembelajaran SiMaYang Tipe II memiliki kepraktisan yang tinggi
dalam meningkatkan model mental dan efikasi diri siswa. Hal ini terlihat dari hasil
yang diperoleh yaitu pada keterlaksanaan pembelajaran dan respon siswa selama
pembelajaran ada dalam kategori “sangat tinggi”. Selanjutnya model pembelajaran
SiMaYang Tipe II ini juga memiliki keefektivan dalam meningkatkan model mental
dan efikasi diri siswa, hal ini ditunjukkan dengan hasil yang diperoleh pada hasil
kemampuan guru, dan aktivitas siswa yang tergolong dalam kategori “tinggi”.
Selanjutnya hasil tes model mental dan efikasi diri siswa. Hasil tes model mental
sebelum pembelajaran dengan model SiMaYang Tipe II kedua kelas mayoritas
berkategori “buruk sekali”, “buruk” namun setelah pembelajaran dengan model
SiMaYang Tipe II mengalami peningkatan yaitu mayoritas hasil tes model mental
berkategori “sedang”, “baik”, “baik sekali”. Hasil efikasi diri siswa juga
mengalami peningkatan, hal ini di-tunjukkan dengan rerata kedua kelas replikasi
sebelum menggunakan model SiMaYang Tipe II ada dalam kategori “tinggi” ,
namun setelah menggunakan model SiMaYang Tipe II mengalamai peningkatan
yaitu ada pada kategori “sangat tinggi”. Kesimpulan penelitian ini yaitu model
pembelajaran SiMaYang Tipe II memiliki kepraktisan dan keefektifan dalam
meningkatkan model mental dan efikasi diri siswa pada materi larutan elektrolit dan
non-elektrolit.
Kata kunci: model pembelajaran SiMaYang tipe II, model mental, efikasi diri,
larutan elektrolit dan non-elektrolit\1213023084 YULIA RIZKY WIDARIyulia.rizky@ymail.com