Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:47:47ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-02-23T03:54:01Z2015-02-23T03:54:01Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7248This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/72482015-02-23T03:54:01ZHUBUNGAN AKTIVITAS DENGAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI
MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDOSARI
KECAMATAN NATAR TAHUN AJARAN 2014/2015
ABSTRAK
HUBUNGAN AKTIVITAS DENGAN PEMAHAMAN KONSEP MATERI
MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDOSARI
KECAMATAN NATAR TAHUN AJARAN 2014/2015
Oleh
YULINDA WINDARI
Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pemahaman konsep siswa kelas IV pada mata pelajaran IPA sehingga siswa hanya hafal materi saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan aktivitas belajar dengan pemahaman konsep dan perbedaan pemahaman konsep siswa sebelum dengan sesudah penerapan Model Pembelajaran Inkuiri. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sidosari Kecamatan Natar yang berjumlah 75 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik simpel random sampling, dengan cara mengundi sehingga didapatlah sample yang berjumlah 51 orang. Penelitian ini mengunakan desain one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data pemahaman konsep menggunakan skor pretest-posttest dan data aktivitas diperoleh dari hasil pengamatan oleh observer.Hubungan antara aktivitas dengan pemahaman konsep siswa diuji menggunakan uji korelasi dan perbedaan pemahaman konsep menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai pearson correlation sebesar 0,56 dengan kategori sedang dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 kemudian selisih mean pretest dan posttest sebesar 27,98 dan nilai thitung sebesar 17,98. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara aktivitas dan pemahaman konsep siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri dan terdapat perbedaan pemahaman konsep yang signifikan antara sebelum dengan sesudah penerapan model pembelajaran inkuiri.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Inkuiri, Aktivitas Belajar
IPA, dan Pemahaman Konsep
1013053099 YULINDA WINDARIyulindawindari@ymail.com