Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T07:22:20ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-07-13T04:36:34Z2017-08-22T02:45:25Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27230This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/272302017-07-13T04:36:34ZEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DITINJAU DARI KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
(Studi pada Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Al-Kautsar
Bandarlampung Tahun Pelajaran 2016/2017)
ABSTRAK
Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran berbasis masalah ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini menggunakan desain posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Al-Kautsar Bandar Lampung tahun pelajaran 2016/2017 yang terdistribusi dalam 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-C dan VIII-D yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komu-nikasi matematis siswa. Analisis data penelitian ini menggunakan uji-t dan uji proporsi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran berbasis masalah efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa.
Kata kunci: Efektivitas, Komunikasi Matematis, Pembelajaran Berbasis Masalah
1313021091 YULI ARTANTOyuliartanto13@gmail.com