Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:37:19ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-06-27T04:45:03Z2016-06-27T04:45:03Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/22902This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/229022016-06-27T04:45:03ZPENGGUNAAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN
AKTIVITAS, MINAT DAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VII SMPN 1
SUNGKAI SELATAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang penggunaan media animasi untuk
meningkatkan aktivitas, minat dan hasil belajar IPS peserta didik kelas VII-1
SMPN 1 Sungkai Selatan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan
penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 3 siklus. Subjek dalam penelitian
ini adalah 36 peserta didik dari kelas VII-1 yang terdiri dari 20 peserta didik
perempuan dan 16 peserta didik laki-laki. Data yang diambil berupa hasil tes akhir
siklus dan hasil observasi aktivitas dan minat belajar
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, aktivitas belajar peserta didik
mencapai 52,78% dan peserta didik berminat belajar tinggi mencapai 38,89%
sedangkan ketuntasan hasil belajar mencapai 44,44%. Pada siklus II aktivitas
belajar peserta didik meningkat menjadi 64,58 %, peserta didik berminat belajar
tinggi mengalami peningkatan hingga mencapai 61,11% dan ketuntasan hasil
belajar juga meningkat menjadi 52,78%. Pada siklus III yang sekaligus menjadi
hasil dalam penelitian ini, aktivitas belajar peserta didik meningkat menjadi
75,69%, persentase peserta didik berminat belajar tinggi telah meningkat menjadi
69,44% dan persentase ketuntasan hasil belajar juga ikut meningkat menjadi
80,55%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui
penggunaan media animasi dapat meningkatkan aktivitas, minat dan hasil belajar
IPS kelas VII-1 SMPN 1 Sungkai Selatan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar, Media Animasi
ABSTARCT
This research aimed to examine the use of media animation to improve the
learning activities, learning interest and learning outcomes at class VII-1 of
SMPN 1 Sungkai Selatan. This research used descriptive method with classroom
action research which was conducted in three cycles. The subjects of this research
were 36 students from class VII-1 which consist of 20 female students and 16
male students. The data that taken were the result of the end of the cycle and the
observation of learning activities and learning interest.
The result of this research showed that in first cycle, students learning activities
reach 52,78% and students learning interest reach 38,89% whereas the results of
learning outcomes completeness reached 44,44%. In the second cycle students
learning activities increased into 64,58%, students learning interest has increased
to 61,11% and the learning outcomes completeness also increased to 52,78%. In
the third cycle which one to be the result of this research showed, students
learning activities increased to 75,69%, the percentage of students learning
interest has increased to 69,44% and the percentage of learning outcomes
completeness also increased to 80,55%. Based on those result, it can be concluded
that teaching through media animation can improve the learning activities,
learning interest and learning outcomes IPS class VII-1 of SMPN 1 Sungkai
Selatan academic year 2015/2016.
Keywords: Learning Activities, Learning Interest, Learning Outcomes, Media
Animation 1213034085 YUNIYARSIHbutterfly_yuni@yahoo.com