Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T23:33:16ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-12-20T08:18:31Z2017-12-20T08:18:31Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29367This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/293672017-12-20T08:18:31ZANALISIS PENDAPATAN, NILAI TAMBAH DAN
STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PENGOLAHAN
IKAN BANDENG PADA USAHA DAGANG SABILY
KECAMATAN LABUHAN MARINGGAI
KABUPATEN LAMPUNG TIMURPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis pendapatan, nilai tambah dan strategi
pengembangan usaha pengolahan ikan bandeng pada UD Sabily. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus. Pemilihan lokasi penelitian
dilakukan secara sengaja (purposive) di UD Sabily Kecamatan Labuhan
Maringgai Kabupaten Lampung Timur dengan pertimbangan bahwa UD Sabily
ini merupakan salah satu usaha pengolahan ikan bandeng yang memiliki produksi
terbesar di Provinsi Lampung. Pengambilan data dilakukan pada bulan Januari
2017-Februari 2017 dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif
kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan usaha pengolahan
ikan bandeng UD Sabily atas biaya total untuk seluruh olahan ikan bandeng
selama sebulan sebesar Rp16.324.376,39. Pendapatan tertinggi yang diterima UD
Sabily adalah berasal dari produk nugget bandeng sedangkan pendapatan terendah
adalah produk kerupuk duri. Nilai tambah terbesar adalah berasal dari produk
keripik kulit bandeng sedangkan nilai tambah terendah adalah produk bandeng
presto. R/C adalah perbandingan antara penerimaan total dan biaya total, R/C > 1
artinya usaha pengolahan ikan bandeng UD Sabily menguntungkan, memiliki nilai
tambah yang positif dan layak untuk diusahakan. Strategi pengembangan prioritas
UD Sabily adalah (1) memanfaatkan lokasi yang dekat dengan sumber bahan baku
untuk meningkatkan produksi sehingga mampu meningkatkan pendapatan untuk
menyebarluaskan informasi produk lokal hasil olahan ikan, (2) mempertahankan
produk yang berkualitas baik dan bervarian sehingga mampu mengatasi tingkat
preferensi masyarakat yang masih rendah terhadap produk lokal olahan ikan, dan
(3) memanfaatkan pengelolaan keuangan secara efektif untuk dapat meningkatkan
produksi dan kualitas produk sehingga mampu bersaing dengan agroindustri
sejenis.
Kata kunci: nilai tambah, pendapatan, pengolahan ikan bandeng, R/C, strategi
pengembangan
ABSTRACT
This research aims to analyze the income, added value, and development strategy
of milkfish processing business at Sabily trading business. The method used in
this research is the case study. The location is chosen purposively at Sabily
trading business in Labuhan Maringgai Sub District of East Lampung Regency
with consideration that Sabily trading business is one of the milkfish trading
businesses with the highest production in Lampung Province. The data are taken
on January to February 2017 and analyzed by using the qualitative and
quantitative descriptive analyses. The result shows that the income of milkfish
processing business of Sabily trading business for the total cost of the whole
processed milk fish in a month is Rp 16.324.376,39. The highest income earned
by Sabily trading business comes from the milkfish nugget product while the
lowest income is the prawn crackers. The highest added value is earned from the
milkfish skin chips while the lowest is from milkfish presto. R/C is the ratio
between total revenue and total cost, R/C > 1 it is shown that the milkfish
processing business of Sabily trading business is profitable, has positive added
value and is feasible to be obtained. The priority of Sabily trading development
strategies are (1) utilizing the location that is close to the ingredients source to
increase the production, and hence it can increase the income to spread local
product information of the processed fish, (2) maintaining the good quality and
variation of product so that it can solve the level of society preference which is
still low toward the local product of processed fish, and (3) utilizing the effective
financial management to increase the production and product quality, hence it can
compete with the similar agroindustries.
Keywords : added value, development strategy, income, milkfish processing, R/C1314131121 YURISTA AYU LESTARI yuristaayulestari@gmail.com