Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T11:10:47ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-07-27T02:39:13Z2017-07-27T02:39:13Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27510This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/275102017-07-27T02:39:13ZPENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT
FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL
BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS
IV SD NEGERI 1 SIMBARWARINGINMasalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas
IV SD Negeri 1 Simbarwaringin. Nilai rata-rata mid semester ganjil tahun ajaran
2016/2017 pada mata pelajaran matematika untuk kelas IV A 61,800, kelas IV B
57,800, dan kelas IV C 52,650. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
pengaruh model cooperative learning tipe student facilitator and explaining terhadap
hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Simbarwaringin. Jenis
penelitian yang digunakan adalah penelitian eksprimen dengan desain eksperimen
non-equivalent group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes.
Alat pengumpulan data berupa soal tes pilihan jamak, tes diberikan berupa pretest
dan posttest. Analisis data menggunakan independent sample t test. Teknik analisis
data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif untuk
mengetahui peningkatan hasil belajar (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan, nilai
N-gain kelas eksperimen 0,474, sedangkan nilai N-gain kelas kontrol 0,301. Hasil
rata-rata kelas eksperimen dari nilai rata-rata 48,500 meningkat menjadi 72,800 besar
peningkatannya sebesar 24,300. Sedangkan hasil rata-rata kelas kontrol dari nilai
rata-rata 49,750 meningkat menjadi 65,100 peningkatannya sebesar 15,750. Hasil
perhitungan uji hipotesis menggunakan program SPSS.23 diperoleh nilai sig (2-
tailed) 0,021, (0,021< 0,050) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dari perhitungan
uji hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa model cooperative learning tipe
student facilitator and explaining dapat mempengaruhi hasil belajar matematika
siswa.
Kata kunci: cooperative learning, hasil belajar, matematika, student facilitator and
explaining1313053174 YUSRIFA INDRIASyusrifaindrias06@gmail.com