Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T13:36:07ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2018-07-31T06:54:58Z2018-07-31T06:54:58Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/32417This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/324172018-07-31T06:54:58ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A
MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS IV
SD NEGERI 2 METRO SELATANMasalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik siswa kelas IV SD
Negeri 2 Metro Selatan. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh yang
signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match
terhadap hasil belajar tematik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan
desain penelitian yang digunakan yaitu nonequivalen control group design.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah 44 orang. Penentuan
sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Alat pengumpulan data
menggunakan tes pilihan jamak dan angket. Hasil penelitian terdapat pengaruh
yang signifikan pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match
terhadap hasil belajar tematik siswa yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis
menggunakan rumus independet sample t-test, t
2,021.
Kata kunci: Hasil belajar, make a match, tematik.
hitung
= 2,428 > t
tabel
1413053150 YUYUN MARDIANAyuyunmardiana20@gmail.com