Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:27:40ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-12-14T07:37:22Z2017-12-14T07:37:22Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/29269This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/292692017-12-14T07:37:22ZPENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD)
BERBASIS ALQURUN TEACHING MODEL (ATM) UNTUK
MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA
Kasus : Pengembangan LKPD Berbasis ATM pada Materi Statistika
Kelas X TKI 1 di SMK Negeri 5 Bandar LampungTujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta
didik dengan mengembangkan LKPD berbasis Alqurun Teaching Model (ATM)
dan mengetahui efektivitasnya terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta
didik. Desain penelitian ini menggunakan tahap-tahap penelitian menurut Akker,
dengan 2 tahapan utama yaitu preliminary (persiapan meliputi studi pendahuluan
dan pendesainan LKPD), dan uji formatif (evaluasi diri, uji ahli, uji perorangan,
uji kelompok kecil, dan uji terbatas). Subjek penelitian ini adalah peserta didik
kelas X SMK Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017 dan
beberapa ahli pada setiap tahapan pengembangan. Karakteristik LKPD berbasis
ATM ini dikembangkan berdasarkan sintaks ATM, yaitu Acknowledge,
Literature, Quest, Unite, Refine, Use, dan Name. Data penelitian diperoleh
melalui tes pemahaman konsep matematis. Teknik analisis data menggunakan ujit
dan N-Gain. Hasil validasi ahli menunjukkan bahwa LKPD berbasis ATM telah
memenuhi standar kelayakan isi, media, dan bahasa. Hasil uji perorangan
menunjukkan bahwa LKPD berbasis ATM termasuk dalam kategori sangat baik.
Hasil uji terbatas menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis
peserta didik yang menggunakan LKPD berbasis ATM lebih tinggi daripada
kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik yang tidak
menggunakan LKPD berbasis ATM dan tergolong cukup efektif dalam
meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik.
Kata kunci : ATM, LKPD, Pemahaman Konsep
ABSTRACT
The purpose of this research is to improve understanding of learners concept by
developing Learners Worksheets based on ALQURUN Teaching Model (ATM)
and to know the effectiveness of the ability to understand the concept. The design
of this study follows the stages of research according to Akker. The subjects are
students of class X SMK Negeri 5 Bandar Lampung 2016/2017 and some experts
at every stage of development. The characteristics of learners worksheets based
on ATM is developed based on ATM syntax, acknowledge, literature, quest, unite,
refine, use, and name. The research data was obtained through a mathematical
concept comprehension test. Data analysis techniques use t-test and N-Gain. The
experts review shows that the learners worksheets based on ATM have met the
content, media, and language eligibility standards. The result of one to one test
shows that the learners worksheet based on ATM is included in a very good
category. The field test results show that the ability to understand the
mathematical concepts using learners worksheet based on ATM is higher than the
ability to understand the mathematical concepts without learners worksheet based
on ATM and quite effective in improving the ability to understand the
mathematical concepts.
Keyword: ATM, Learners Worksheets, Concept Understanding 1523021002 Yeni Puspitasarizeenam_8875@yahoo.com