Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T15:17:14ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-07-06T06:30:45Z2015-07-06T06:30:45Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/10938This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/109382015-07-06T06:30:45ZPOLA PENYAJIAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH)
DALAM BUKU MAHIR BERBAHASA INDONESIA SMP/MTs
KELAS VII TERBITAN ERLANGGAABSTRAK
POLA PENYAJIAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
BERBASIS PENDEKATAN ILMIAH (SCIENTIFIC APPROACH)
DALAM BUKU MAHIR BERBAHASA INDONESIA SMP/MTs
KELAS VII TERBITAN ERLANGGA
Oleh
YUNITA FITRI YANTI
Masalah dalam penelitian ini adalah penyajian kegiatan pembelajaran pada buku
Mahir Berbahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian
ini mendeskripsikan penyajian kegiatan pembelajaran dalam buku Mahir
Berbahasa Indonesia berdasarkan pendekatan saintifik. Penelitian ini diharapkan
dapat memberikan informasi kepada pengajar dan calon pengajar mengenai
penyajian kegiatan yang terdapat pada buku bahasa Indonesia berdasarkan
pendekatan saintifik Kurikulum 2013.
Desain penelitian menggunakan deskriptif. Sumber data pada penelitian ini adalah
buku Mahir Berbahasa Indonesia SMP/MTs kelas VII dan difokuskan pada
penyajian kegiatan pembelajaran pada buku Mahir Berbahasa Indonesia. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi. Teknik analisis data berupa
menyiapkan buku yang akan diteliti, membaca sumber data, mengamati dan
menentukan kegiatan pembelajaran, mendeskripsikan pola penyajian kegiatan
pembelajaran berdasarkan pendekatan saintifik.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kegiatan pembelajaran dalam buku
Mahir berbahasa Indonesia berjumlah 187 kegiatan, terdiri atas 62 kegiatan
mengamati, 11 kegiatan menanya, 44 kegiatan mencoba, 39 kegiatan menalar, dan
31 kegiatan menyaji, dari jumlah tersebut terdapat 35 pola penyajian kegiatan
pembelajaran, diantaranya terdapat 4 pola penyajian yang sama antar sub bab satu
dengan sub bab lainnya. Berdasarkan kegiatan pendekatan saintifik pada buku
teks yang dikeluarkan puskurbuk, buku Mahir Berbahasa Indonesia SMP/MTs
kelas VII terbitan Erlangga, ditemukan terdapat 1 (satu) pola yang sesuai dengan
urutan kegiatan pembelajaran saintifik yaitu, mengamati, menanya, mencoba,
menalar, dan menyaji, serta terdapat 34 pola kegiatan yang tidak berurutan
berdasarkan pendekatan saintifik yaitu, mengamati, menanya, mencoba, menalar,
dan menyaji/mengomunikasikan.1113041078 Yunita Fitri Yantiyunitafitryanti@gmail.com