Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T06:34:43ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2015-09-09T04:52:36Z2015-09-09T04:52:36Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/12794This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/127942015-09-09T04:52:36ZPENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING(PBL)
TERHADAP KREATIVITAS DAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI
SISWA KElAS VII SMP KARTIKA II-2 PADA MATERI PERAN
MANUSIA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN
(Studi Eksperimental pada Siswa Kelas VII Semester Genap
SMP Kartika II-2 Bandar Lampung Tahun Pelajaran
2014/2015)abstrak indonesia
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran
Problem Based Learning (PBL) terhadap kreativitas dan keterampilan
berkomunikasi tertulis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental
semu dengan desain pretest-posttest kelompok tak ekuivalen. Sampel penelitian
adalah siswa kelas VII A dan VII D yang dipilih dari populasi secara purposive
sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data
kuantitatif diperoleh dari rata-rata nilai pretest, posttest dan gain kemampuan
berpikir kreatif siswa yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t dan uji U
pada taraf kepercayaan 0,05 melalui program SPSS 17. Data kualitatif diperoleh
dari kemampuan berpikir kreatif yang diperoleh dari LKS pertemuan I dan II,
sikap kreatif, produk kreatif berupa poster, dan keterampilan berkomunikasi siswa
dalam menulis paper yang dianalisis secara deskriptif.
Zhakia El Shinta
Hasil penelitian menunjukkan rata-rata siswa ekperimen memiliki kreativitas
dengan kriteria “cukup”. Pada dimensi Process (kemampuan berpikir kreatif)
siswa memiliki persentase sebesar 80,05% dengan kriteria “baik”. Pada dimensi
Personal dan Press (sikap kreatif) siswa memiliki persentase sebesar 65,45%
dengan kriteria “cukup” dan pada dimensi Product (karya kreatif) siswa memiliki
persentase sebesar 71,71% dengan kriteria “cukup”. Berdasarkan hasil uji regresi
terdapat hubungan positif dan pengaruh antar dimensi kreativitas yakni, semakin
meningkat nilai KBK (dimensi Process) maka semakin meningkat nilai sikap
kreatif siswa (dimensi Person dan Press) dan berpengaruh signifikan, semakin
meningkat nilai KBK maka semakin meningkat nilai produk kreatif siswa
(dimensi Product) walaupun tidak berpengaruh signifikan serta semakin
meningkat nilai sikap kreatif maka semakin meningkat nilai produk kreatif siswa
walaupun tidak berpengaruh signifikan.
Keterampilan berkomunikasi tertulis rata-rata siswa eksperimen memiliki kriteria
“cukup”. Pada aspek isi memiliki kriteria “kurang” (59,15 ± 22,19), pada aspek
bahasa memiliki kriteria “baik” (77,78 ± 22,50) dan pada teknik penulisan
memiliki kriteria “sangat baik” (87,20 ± 15,93). Dengan demikian, model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berpengaruh dalam meningkatkan
kreativitas dan keterampilan berkomunikasi tertulis siswa.
Kata kunci : komunikasi tertulis, kreativitas, PBL1112024075 ZHAKIA EL SHINTAelzhakia@gmail.com