Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T12:31:44ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-03-01T04:47:44Z2017-03-01T04:47:44Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/25894This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/258942017-03-01T04:47:44ZPENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE
TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SEJARAH
SISWA PADA KELAS XI IPS DI SMA
NEGERI 16 BANDARLAMPUNG
TAHUN AJARAN 2015/2016.Pendidikan merupakan sarana terpenting untuk mewujudkan kemajuan bangsa
dan negara. Hal ini karena pendidikan merupakan proses budaya yang bertujuan
untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Telah banyak upaya yang
dilakukan agar mutu pendidikan yang ada di Indonesia dapat meningkat. Salah
satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan model pembelajaran
yang diharapkan mampu memperbaiki sistem pendidikan yang telah berlangsung
selama ini. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan agar tujuan
pembelajaran tercapai adalah melakukan eksperimen dengan pendekatan alternatif
model pembelajaran Picture and Picture.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah “Apakah ada pengaruh positif dan
signifikan model pembelajaran Picture and Picture terhadap kemampuan berpikir
kritis siswa pada aspek keterampilan analisis mata pelajaran sejarah kelas XI IPS
SMA Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016?”. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui “Ada atau tidak pengaruh positif dan signifikan
model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan berpikir kritis
siswa pada aspek keterampilan analisis mata pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA
Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2015/2016”. Penelitian ini
menggunakan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 16 Bandar Lampung
Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel dipilih secara Random menggunakan teknik
simple random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis
data kuantitatif dengan dilakukan uji analisis data dengan rumus Eta dan Uji F.
Berdasarkan analisis data secara kuantitaif dengan menggunakan rumus Eta dapat
ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh positif yang cukup berarti yaitu 0,49 dan
signifikan yaitu 18,32 dari pengaruh model pembelajaran Picture and Picture
terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. 1213033084 ZHERA JUNIUS MANTIRAzherarara@yahoo.co.id