Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T08:11:08ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2017-07-20T04:35:59Z2017-07-20T04:35:59Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/27333This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/273332017-07-20T04:35:59ZSTUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY DAN CO-OP-CO-OP DENGAN MEMPERHATIKAN SIKAP BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII
SMP NEGERI 20 BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2016/2017Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar ips terpadu antara siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Course Review Horay dan Co-Op-Co-Op dengan memperhatikan sikap belajar.Metode yang digunakan adalah desain eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Bandar Lampung pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Populasi tersebut terdiri dari 8 kelas sebanyak 243 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Diperoleh kelas VII F sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31siswa dan kelas VII E sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30 siswa. Pengujian hipotesis menggunakan t-test dua sampel independen dan analisis varians dua jalan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) ada perbedaan sikap belajar ips terpadu siswa yang menggunakan model pembelajaran tipe Course Riview Horay dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Co-Op-Co-Op.(2) Hasil belajar ips terpadui siswa yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Co-Op-Co-Op pada siswa yang memiliki sikap positif. (3) Hasil belajar ips terpadu siswa yang menggunakan model pembelajaran Co-Op-Co-Op lebih efektif dibandingkan dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran Course Review Horay pada siswa yang memiliki sikap belajar negatif. (4) Ada perbedaan hasil belajar ips terpadu bagi siswa yang memiliki sikap belajar positif negatif (5) Ada interaksi antara model pembelajaran dengan sikap belajar siswa dan hasil belajar ips terpadu
Kata Kunci: Co-Op-Co-Op, Course Review Horay (CRH), Hasil Belajar, Sikap Belajar
1113031079 Zania Paradibazaniaparadiba@yahoo.com