Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T13:21:53ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-01-14T03:27:54Z2016-01-14T03:27:54Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/17150This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/171502016-01-14T03:27:54ZEFEKTIVITAS PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 E
PADA MATERI HUKUM - HUKUM DASAR KIMIA
DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN
INFERENSI DAN PENGUASAAN KONSEPPenelitian ini dilatarbelakangi dari metode pembelajaran yang sering diterapkan
guru mata pelajaran kimia kelas X di SMA Negeri 4 Bandar Lampung, berupa
metode ceramah dan latihan soal. Kurangnya keterlibatan siswa di dalam pembelajaran kimia, menyebabkan keterampilan proses sains siswa tidak berkembang
dan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep kimia pun dapat dikatakan
kurang. Oleh karena itu, peneliti merancang pembelajaran dengan menerapkan
model pembelajaran Learning Cycle 3E dalam meningkatkan keterampilan
inferensi dan penguasaan konsep siswa
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh model yang efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep pada materi hukumhukum dasar kimia. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X
SMA Negeri 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel diambil
menggunakan teknik purposive sampling, berdasarkan teknik ini diperoleh kelas
ii
X3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X5 sebagai kelas kontrol. Jenis penelitian
ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang menggunakan Nonequivalent Control
Group Design. Sumber data dalam penelitian ini, diperoleh dari hasil pretest dan
posttest. Analisis data ditempuh dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dua varians dan uji-t.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang diterapkan dengan
pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki rata-rata nilai N-gain keterampilan
inferensi dan penguasaan konsep yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol
yang diterapkan dengan pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan
bahwa, pembelajaran Learning Cycle 3E lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan inferensi dan penguasaan konsep pada materi hukum-hukum dasar
kimia daripada pembelajaran konvensional
Kata kunci : pembelajaran Learning Cycle 3E, keterampilan inferensi,
penguasaan konsepGusti Wahyuning Sari 0743023022