Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T14:21:56ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-05-20T04:25:20Z2014-05-20T04:25:20Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1671This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16712014-05-20T04:25:20ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR KETERAMPILAN
BERBICARA MELALUI PEMBELAJARAN STUDENT TEAM
ACHIEVEMENT DIVISION SISWA KELAS VI SD NEGERI 3
GEDONG TATAAN KECAMATAN GEDONG
TATAAN KABUPATEN PESAWARANTujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) peningkatan aktivitas
belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui keterampilan berbicara. (2)
peningkatan prestasi belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui
keterampilan berbicaara.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan dua
siklus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, dan tes tertulis pada setiap akhir
siklus. Data dianalisis secara kualitatif
Kesimpulan penelitian adalah 1) aktivitas belajar keterampilan berbicara siswa
pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yang mencapai KKM mengalami peningkatan,
dengan rata-rata 66,92 pada siklus pertama menjadi 77,92 pada siklus kedua.
2) prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari 63,96% pada siklus pertama
menjadi 74,79% pada siklus kedua. Sehingga mengalami peningkatan sebesar 10,83%.
Kata Kunci : Keterampilan berbicara, STAD.Asmaini