Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T09:05:04ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-01-22T07:39:48Z2014-01-22T07:39:48Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/631This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6312014-01-22T07:39:48ZMENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MENGGUNAKAN
PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA
KELAS V SD NEGERI 3 KOTA KARANG
TELUK BETUNG BARAT
BANDAR LAMPUNGMasalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar PKn rendah. Permasalahan penelitian ini apakah rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dapat ditingkatkan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD N 3 Kota Karang Teluk Betung Barat Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar PKn menggunakan pendekatan kontekstual.
Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 (tiga) siklus. Pada setiap siklus meliputi empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kontekstual, yaitu pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode tes hasil formatif dan pengamatan. Sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan tes tertulis pilihan ganda yang dikerjakan siswa pada akhir pembelajaran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif.
Hasil belajar disetiap siklus semakin meningkat, pada siklus III hasil belajar siswa meningkat mencapai 92,59% dengan rata-rata nilai 83,33.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dapat ditingkatkan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD N 3 Kota Karang.
Saran yang diajukan peneliti yaitu kepada guru untuk menyiapkan sarana, materi, metode, dan teknik penyajian pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PKn agar dapat dikaitkan langsung dengan kenyataan sehingga siswa mampu mempratikkan nilai-nilai yang disampaikan dalam kehidupan sehari-hari.
Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Pendekatan KontekstualEVI FIRGIYANTI