Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T20:41:53ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-05-12T05:16:14Z2014-05-12T05:16:14Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1620This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16202014-05-12T05:16:14ZPengaruh Persepsi siswa tentang Pembelajaran PKn, Lingkungan Sosial,
Dan Civic Knowledge Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa
SMP N 3 Sekampung Lampung TimurPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi siswa tentang
pembelajaran PKn, lingkungan sosial dan civic knowledge terhadap sikap
nasionalisme siswa SMP Negeri 3 Sekampung Lampung Timur; (2) pengaruh antar
variable; (3) pengaruh persepsi siswa tentang pembelajaran PKn dan lingkungan
sosial terhadap sikap nasionalisme siswa melalui civic knowledge.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan
mengunakan angket dan tes untuk mengetahui Persepsi Siswa Tentang Pembelajaran
(PKn), Lingkungan Sosial dan Sikap Nasionalisme, serta untuk civic knowledge.
Populasi berjumlah 380 responden dengan jumlah sampel 80 orang dengan teknik
stratified proporsional random sampling. Untuk menguji hipotesis dengan
menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan terlebih dahulu menghitung
koefisien korelasi tiap variable.
Hasil penelitian menunjukkan adanya (1) pengaruh yang signifikan antara persepsi
siswa tentang pembelajaran PKn, lingkungan social, civic knowledge terhadap sikap
nasionalisme siswa; (2) pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang
pembelajaran PKn dan lingkungan social terhadap civic knowledge; dan (3)
pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang pembelajaran PKn,
lingkungan sosial dan civic knowledge secara bersama-sama terhadap sikap
nasionalisme siswa, dan pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang
pembelajaran PKn dan lingkungan social terhadap sikap nasionalisme siswa melalui
civic knowledge.
Variable persepsi siswa tentang pembelajaran pkn, lingkungan sosial dan civic
knowledge terhadap sikap nasionalisme siswa pada taraf signifikansi α = 0,05,
sehingga dapat diprediksi pembelajaran pkn, civic knowledge dan lingkungan sosial
memberikan pengaruh terhadap sikap nasionalisme siswa.
Kata kunci : Persepsi siswa tentang pembelajaran pkn, lingkungan social, civic
knowledge, dan sikap nasionalisme.Edy Gunawan.