Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T16:01:54ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-06-06T04:06:06Z2014-06-06T04:06:06Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1933This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/19332014-06-06T04:06:06ZMENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA
MELALUI PENDEKATAN LINGKUNGAN DI KELAS V
SDN 1 WAY HALIM PERMAI KOTA BANDAR LAMPUNGDalam proses belajar mengajar pada dasarnya ada dua unsur pokok, yaitu siswa
yang belajar dan guru yang mengajar (fasilitator / mediator) bukan sumber ilmu,
yang terjalin dalam bentuk interaksi edukatif. Lingkungan mempunyai peranan
yang sangat penting dalam pembentukan konsep, karena perannya sebagai
stimulus untuk terjadinya suatu respon. Dengan memperhatikan kecenderungan
siswa sekolah dasar yang senang bermain dan memiliki rasa ingin tahu yang besar
diusia mereka, maka pembelajaran IPA menggunakan pendekatan lingkungan
akan meningkatkan minat belajar siswa, sehingga dapat meningkat hasil belajar
siswa kelas V pada SDN 1 Way Halim Permai Kecamatan Sukarame.
Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan mulai dari Agustus sampai Okober
2011 dan dilakukan tiga siklus. Data KBM diperoleh dengan melakukan observasi
kelas dan jurnal harian yang dibuat oleh guru. Sedangkan data tentang hasil
belajar siswa diperoleh melalui tes formatif terhadap siswa.
Dari hasil pengamatan dan tes formatif terhadap siswa terlihat adanya peningkatan
hasil belajar siswa. Dengan menggunakan pendekatan lingkungan pada mata
pelajaran IPA siswa akan melakukan pembelajaran bermakna dan kongkrit
sehingga materi pelajaran dapat diserap oleh struktur kognitif siswa dengan baik
serta melibatkan pula aspek afektif dan psikomotor.
Kata Kunci:
Pendekatan lingkungan, hasil belajar IPATONY CAHYUDI