Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-29T02:05:36ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2014-05-20T01:25:51Z2014-05-20T01:25:51Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/1648This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/16482014-05-20T01:25:51ZPENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI
MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPS DI
KELAS VIII MTs PESANTREN NURUL ISLAMPenelitian ini dilatar belakangi aktivitas dan hasil belajar IPS kelas VIII MTs
Pesantren Nurul Islam Jati Agung Lampung Selatan yang rendah. Proses belajar
terjadi karena interaksi antara seseorang dengan sumber belajar yang digunakan.
Untuk menunjang proses belajar tidak terbatas hanya pada kemampuan guru
dalam menyampaikan materi tetapi juga berkaitan dengan aktivitas siswa sehingga
akan mampu meningkatkan hasil belajar seseorang, Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui (1) Meningkatnya aktivitas belajar IPS kelas VIII MTs melalui
model pembelajaran inkuiri. (2) Meningkatnya hasil belajar IPS kelas VIII di MTs
melalui model pembelajaran inkuiri.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model inkuiri dapat meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa, metode penelitian menggunakan penelitian
tindakan kelas (Classrom Action Reserch) dengan pendekatan kualitatif
diimplementasikan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan model
pembelajaran inkuiri dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS sejarah
deretan siklus, setiap siklus melalui perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
evaluasi, analisis dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
observasi dan test uraian. Hasil dari pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS
sejarah siswa MTs Pesantren Nurul Islam, Jati Agung Lampung Selatan Tahun
Pembelajaran 2011-2012 dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yaitu dari 16
siswa atau 61,5% pada siklus I, menjadi 17 siswa atau 65,3% siklus II, dan 24
siswa atau 92,3% pada siklus III. Meningkatkan hasil belajar siswa dari 69,23%
(18 siswa) pada siklus I, manjadi 65,3 % (17) ada siklus II, 96% (25) pada siklus
III.
Kata kunci: Inkuiri, aktivitas belajar, dan hasil belajarWiwik Sumarmi