Digital Library: No conditions. Results ordered -Date Deposited. 2024-03-28T08:47:40ZEPrintshttp://digilib.unila.ac.id/images/sitelogo.pnghttp://digilib.unila.ac.id/2016-02-03T07:09:28Z2016-02-03T07:09:28Zhttp://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20846This item is in the repository with the URL: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/208462016-02-03T07:09:28ZPENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SUHU DAN KALOR TERHADAP MINAT DAN
HASIL BELAJARModul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing merupakan salah satu pemilihan media yang tepat untuk kemajuan pendidikan. Dalam memperhatikan pentingnya Modul dalam sarana pembelajaran, maka peneliti melakukan penelitian mengenai pengaruh penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terhadap minat belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh penggunaan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2015/2016 di SMA Negeri 1 Metro. Sampel penelitian ini yaitu kelas X MIA 7 yang berjumlah 19 siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian eksperimen dengan desain eksperimen one group pretest posttest design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
(1) Ada perbedaan minat belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing
Agnes Amila Wigati
dengan nilai N-Gain sebesar 0,71 (kategori peningkatan minat belajar tinggi), (2) Ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing dengan nilai N-Gain sebesar 0,74 (kategori peningkatan hasil belajar tinggi).
Kata kunci: hasil belajar, minat dan modul.1213022002 AGNES AMILA WIGATI agnesamila00@gmail.com